25 radar bogor

Student Company SMAN 5 Bogor Ajak Yane Ardian Belajar Olah Limbah jadi Lilin Aromaterapi

Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian mengikuti proses pembuatan lilin aromaterapi dari limbah yang diadakan Sanuri Student Company SMAN 5 Bogor, baru-baru ini.

BOGOR-RADAR BOGOR, Satu Nusantara Reaksi (Sanuri) Student Company SMAN 5 Bogor, kembali menyelenggarakan workshop bertajuk Green Day yang memberikan kesempatan partisipan untuk ikut serta dalam pembuatan lilin aromaterapi dari limbah dan bahan organik lainnya.

Kegiatan yang berlangsung di SMAN 5 Bogor itu, dihadiri Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bogor Yane Ardian, baru-baru ini.

CEO Sanuri Student Company, Muhammad Adnan Hisyam menuturkan, Sanuri merupakan Student Company SMAN 5 Bogor yang sebelumnya telah memenangkan Best Student Company di tingkat Regional, dan akan melanjutkan ke tahap nasional.

Sanuri sendiri telah berhasil melaksanakan Workshop Green Hands ke-2 yang berkolaborasi dengan 0251 Societeit pada tanggal 26 Februari 2023.

“Kegiatan kemarin kami mengajak partisipan agar memanfaatkan pembuatan lilin aromaterapi dari limbah dan bahan organik,” kata pria yang kerap disapa Adnan.

Menurut Adnan, pembuatan lilin aromaterapi memanfaatkan limbah minyak jelantah yang tentunya ramahl ingkungan.

“Tujuannya agar menumbuhkan rasa peduli terhadap masyarakat Bogor akan dampak buruk dari limbah, dan bagaimana kita bisa mengubahnya menjadi suatu barang bernilai,” ucap dia.

Diketahui, SMAN 5 Bogor menjadi salah satu dari tiga sekolah yang dinobatkan sebagai The Best Student Company dalam kompetisi regional bagi siswa, “Student Company”.

Ketiga sekolah yang akan berlaga di tingkat nasional pada Maret mendatang tersebut berhasil menyisihkan lebih dari 350 siswa di 15 SMA dan SMK dari Bandung, Bogor, Bekasi, Jakarta, dan Tangerang yang mengikuti kompetisi tersebut.

Di ajang itu, mereka memaparkan kinerja dari perusahaan siswa (student company) yang didirikan dan operasikan di sekolah.

Kompetisi regional Student Company ini merupakan bagian dari implementasi Zurich Entrepreneurship Program tahun pertama yang diinisiasi Zurich Indonesia bersama Z Zurich Foundation menggandeng Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Bogor Yane Ardian mengapresiasi kegiatan pemanfaatan limbah minyak jelantah untuk dijadikan lilim aromaterapi.

“Saya mengajak kepala dinas DLH untuk sama-sama menyaksikan kehebatan siswa-siswi terbaik di Kota Bogor SMAN 5,” ucap dia.

Menurutnya, inovasi yang dilakukan oleh SMAN Bogor selaran dengan program yang dimiliki TP PKK Kota Bogor. Di mana, salah satunya terkait dengan program lingkungan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala DLH Kota Bogor Denni Wismanto, dan juga pengurus Komite SMAN 5 Bogor, termasuk Tim manajemen Student Company. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep