25 radar bogor

Hendak Selundupkan Narkoba di Gerobak Sampah, Seorang Pria Tertangkap Basah Petugas

BOGOR-RADAR BOGOR. Seorang pria berhasil diamankan, usai tertangkap basah menyelundupkan narkoba jenis sinte di tempat pembuangan sampah Lapas Kelas IIA Bogor Sabtu (4/3/2023). Aksi terlarangnya itu berhasil digagalkan petugas Lapas.

PLH Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bogor, Didi Suryadi menjelaskan peristiwa tersebut terjadi saat petugas staf KPLP Edi Kusdianto tengah melaksanakan giat rutin pembuangan sampah di Luar Lapas.

“Gerak-gerik pria ini sangat mencurigakan. Awalnya ia mendekati gerobak, dengan tingkah yang gelisah. Lalu petugas kami spontan sigap untuk mendekati dan mengintrogasinya,” ucapnya.

Didi mengatakan, stafnya menemukan barang terlarang yang diduga ganja sintetis dibungkus dalam kemasan hitam.

Edi menuturkan, saat itu pelaku hendak menempelkan bungkus hitam tersebut di gerobak sampah. Karena merasa curiga ia mengamati pria tersebut.

“Perasaan saya sudah tidak enak waktu itu melihat seorang pria menggunakan jaket hitam mendekati gerobak seperti akan menempeli sesuatu di gerobak sampah. Setelah diamati, saya langsung ambil tindakan dengan mengintrogasi dan melakukan penggeledahan. Ternyata benar dia membawa barang terlarang ganja sintetis (sinte),” ujar Edi.

Kepala Pengamanan Lapas Kelas IIA Bogor, Nur Febrianto mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen dalam pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya di lingkungan Lapas Bogor.

Pihak Lapas Kelas IIA Bogor kemudian berkoordinasi dengan Polresta Bogor Kota mengamankan pelaku dan barang buktinya.

Kanit Satnarkoba Polresta Bogor Kota AKP Elvin berterima kasih kepada Lapas Bogor atas kerja keras dan komitmennya memberantas peredaran narkoba.

“Selanjutnya akan kami melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan kami memastikan jenis barang bukti ini di Puslabfor Polri,” ucapnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep