25 radar bogor

Jaringan XL Axiata Siap Sukseskan WSBK Mandalika 2023

BOGOR-RADAR BOGOR, XL Axiata memastikan jaringan 4G di Lombok dalam kondisi prima dan siap menyambut gelaran World Superbike (WSBK) 2023 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), 3-5 Maret 2023.

Avatar

Baca Juga:

 


Sedikitnya ada 12 BTS 4G yang telah disiapkan untuk meng-cover seluruh Mandalika, termasuk sirkuit dan area pendukung di sekelilingnya, yang di dalamnya terdapat puluhan hotel besar dan kecil, restoran, pantai, dan berbagai penunjang pariwisata lainnya.

XL Axiata juga menyediakan jaringan 5G di sekitar area sirkuit dengan memanfaatkan dynamics spectrum sharing (DSS), serta menyiagakan 3 unit mobile BTS untuk mengantisipasi lonjakan traffic saat event balap dunia tersebut berlangsung.

Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto, mengatakan, XL Axiataberkomitmen untuk ikut serta memberikan dukungan penuh gelaran WSBK di Mandalika dengan menyediakan jaringan 4G dan 5G secara memadai sesuai dengan kebutuhan.

“Potensi lonjakan trafgic di event WSBK ini sangat besar mengingat event balap motor sangat digemari oleh masyarakat Indonesia secara luas. Belum lagi, potensi hadirnya penonton dari luar negeri. Semakin banyak orang datang ke area tersebut, kebutuhan atas jaringan telekomunikasi dan data yang berkualitas juga dipastikan akan meningkat,” ungkapnya.

Dodik menambahkan, khusus untuk BTS-BTS yang menjangkau area sirkuit Mandalika, XL Axiata akan menerapkan teknologi terbaru yaitu Massive MIMO. Dengan teknologi ini ke depannya dapat memberikan layanan data yang lebih baik karena dapat meningkatkan kapasitas data.

Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah hadir melayani pelanggan di 598 desa/kelurahan, 54 kecamatan, dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan sekitar 2.300 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok.

“Keberadaan jaringan 4G di Mandalika dan seluruh desa/kelurahan di Lombok ini juga merupakan implementasi atas komitmen XL Axiata untuk turut mendorong peningkatan literasi digital bagi masyarakat yang bermukim hingga pelosok pedesaan,” lanjut Dodik.

Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata juga terus melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi.


Kini sebagian besar dari sekitar 750 BTS di Lombok telah terfiberisasi dan akan terus meningkat. Sementara itu, sejak awal tahun 2021 hingga saat ini sekitar BTS telah ditingkatkan kapasitasnya. Dalam dua tahun terakhir, trafik data XL Axiata di Lombok telah meningkat hingga 83 persen. (*/mer)

Editor: Imam Rahmanto