25 radar bogor

Jabar Ditetapkan KLB, Kabupaten Bogor Diklaim Nihil Wabah Difteri

Petugas medis saat memeriksa kesehatan warga. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG–RADAR BOGOR, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor mengklaim belum ada kasus sebaran wabah Difteri yang ditemukan di wilayah Kabupaten Bogor. Menyusul sejumlah daerah di Jawa Barat menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) dalam beberapa waktu terakhir.

“Sampai saat ini kami belum menerima laporan ada warga Kabupaten Bogor terkena wabah difteri,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dr. Agus Fauzi, Jumat (3/2).


Menurutnya, kasus penyebaran wabah ini bukanlah peristiwa baru, namun kini kembali muncul. Sementara penyebab munculnya wabah difteri ini dpaat dipicu karena beberapa faktor seperti cuaca, daya tahan tubuh, serta cakupan imunisasi yang masih rendah.

“Sama halnya dengan campak kemarin, dan kasus ini sudah jarang muncul. Tapi kondisi sekarang bisa saja karena faktor cuaca, ditambah daya tahan tubuh yang lemah,” jelasnya.

Meski begitu, lanjut Agus, wabah difteri ini dapat dicegah dengan program imunisasi atau vaksinasi. Disamping pihaknya mengakui capaian imunisasi di Kabupaten Bogor sempat terhambat akibat semuanya fokus pada vaksinasi Covid-19.

“Sehingga otomatis kasus difteri atau campak, suatu saat akan muncul kasusnya. Terutama pada anak-anak karena target imunisasi yang belum tercapai,” terang Agus.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk mengawal imunisasi anaknya masing-masing dengan dibawa ke posyandu. Cakupan imunisasi dasar di Kabupaten Bogor saat ini pun telah mencapai 95 persen.

“Kita terus berupaya mengejar cakupan imunisasi dasar dan vaksinasi agar dapat tercapai maksimal,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto