25 radar bogor

Disponsori Swasta, Perpustakaan Kota Bogor Kini Buka di Akhir Pekan

Suasana Perpustakaan Kota Bogor. Mulai besok Perpustakaan Kota Bogor buka akhir pekan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Perpustakaan Kota Bogor kini membuka pelayanannya di hari Sabtu dan Minggu. Operasional perpustakaan di akhir pekan ini mulai berjalan besok, Sabtu (4/2/2023).

Baca Juga : Indomaret Launching Produk UMKM, Sekda Beri Penghargaan dan Apresiasi

Pustakawan Ahli Muda, Diarpus Kota Bogor, Edy Suryanto menjelaskan kebijakan tersebut didasarkan pada tingginya animo masyarakat yang ingin mengunjungi perpustakaan di akhir pekan.

“Kami sempat bikin voting di Instagram, ternyata hasilnya animo pengunjung sangat tinggi terutama di kalangan keluarga dan pelajar SMA. Mereka ingin berkunjung namun tidak sempat karena terhalang aktivitas,” tutur Edy kepada Radar Bogor, Jumat (3/3/2023).

Di akhir pekan Perpustakaan Kota Bogor akan beroperasi pada pukul 9 pagi hingga 3 sore. Sementara operasional perpustakaan akan dijalankan oleh para relawan yang bernama Literasi Squad.

Ada sebanyak 30 relawan yang akan bertugas. Mereka berasal dari Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Bogor dan Paguyuban Duta Baca. Selain itu, akan ada sebanyak 3 ASN yang piket secara bergantian untuk mendampinginya.

Edy menyebut pembukaan Perpustakaan Kota Bogot di akhir pekan akan berlangsung selama 3 bulan. Hal itu lantaran masih terbatasnya anggaran yang digunakan untuk biaya operasional. “Saat ini kami mendapat sponsor dari Gojek untuk durasi 3 bulan,” ungkap dia.

Dirinya berharap dibukanya perpustakaan di akhir pekan dapat menambah kembali jumlah kunjungan yang sempat menurun selama bulan Februari. Kebijakan itu juga disebutnya menjadi upaya Pemkot Bogor meningkatkan literasi masyarakat.

Di bulan Januari jumlah kunjungan 400 orang dalam sehari. Namun di bulan Februari hanya 350 orang saja per hari. Edy berpendapat hal itu dipengaruhi momen liburan dan cuaca yang tidak bersahabat.

Saat ini, Perpustakaan Kota Bogor sudah dilengkapi dengan sambungan wifi yang memadai.

“Kami sedang maksimalkan sambungan internetnya, insyaallah pekan depan sudah bisa dinikmati di semua ruangan. Sementara yang paling stabil jarigannya yaitu di Ruang Baca 2 dan Ruang Multi Media,” terang Edy.

Peningkatan kualitas jaringan wifi ini, bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas atau skripsi di Perpustakaan.

“Mereka bisa mengakses e-journal dengan nyaman karena anggota Perpustakaan Kota Bogor sudah terintegrasi dengan layanan online Perpustakaan Nasional melalui program Satu Kartu Terintegrasi (Sakti),” imbuh Edy. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep