25 radar bogor

Sambangi SDN Bubulak, Jabar Bergerak Ajak Pelajar Berhenti Berkata Kasar

Jabar Bergerak
Tim Jabar Bergerak Kota Bogor yang digawangi Yantie Rachim, menggelar program Seribu Kata Positif (Serbukatif) di SDN Bubulak Kebon Pedes Kamis (2/3/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim Jabar Bergerak Kota Bogor yang digawangi Yantie Rachim, menggelar program Seribu Kata Positif (Serbukatif) di SDN Bubulak Kebon Pedes Kamis (2/3/2023).

Yantie menjelaskan, program ini merupakan gerakan edukasi yang bertujuan untuk membentuk karakter pada anak diawali dengan bertutur baik. Pada kesempatan tersebut, para siswa diajak untuk menghilangkan kebiasaan berucap, mengeluh, atau memaki dengan kalimat yang buruk.

Ajakan disampaikan dengan cara yang menyenangkan lewat nyanyian, tarian, dan dongeng yang diikuti secara antusias oleh seluruh siswa.

Avatar

Baca Juga:

Jabar Bergerak Kota Bogor Berbagi Lewat Cooking On The Street

“Program ini berangkat dari kekhawatiran dengan perkembangan sekarang kebiasaan anak bermain game, yang membawa dampak tingkah anak berkata negatif dan kasar, itu tidak baik. Mudah-mudahan program ini bisa membawa perubahan pada hal tersebut,” ujarnya.

Serbukatif diharapkannya bisa mengingatkan anak untuk berhenti berkata kasar meskipun mereka banyak terkena paparan negatif melalui game dan tontonan di media sosial.

Yantie sadar, hal itu membutuhkan peran besar para orang tua di rumah. Oleh karena itu, dirinya melalui Jabar Bergerak mengajak para orang tua untuk senantiasa memberikan contoh, dengan terbiasa bertutur dengan bahasa yang positif dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala Seksi Kurikulum SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Rini Mulyani mengapresiasi program serbukatif. Menurutnya, program tersebut membantu para siswa untuk terbiasa berkata dan berperilaku baik.

“Berkat program ini juga Jabar Bergerak Kota Bogor berhasil mendapat penghargaan Kota Terinovatif dari Gubernur Jawa Barat. Semoga para siswa bisa terus memiliki pemikiran, perkataan, dan perbuatan yang baik,” tuturnya.

Kepala SD Bubulak Kebon Pedes, Yayat Ruhyati bersyukur sekolahnya terpilih menjadi tempat yang disambangi tim Serbukatif Jabar Bergerak Kota Bogor. Ia melihat program itu dapat mendorong siswa-siswinya terbiasa berbicara positif di lingkungan sekolah, rumah, hingga masyarakat.

“Karena sekarang di media sosial banyak tayangan dengan kata-kata yang tidak baik. Edukasi yang diberikan diharapkan bisa mencegah mereka untuk berkata kasar dan selalu bertutur dengan bahasa yang terpuji,” tutupnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep