25 radar bogor

Resmi, Ini Dia Calon Kepala Dinas PUPR dan Diarpus Kota Bogor

Ilustrasi Maladministrasi
Ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Lelang jabatan dua kepala dinas di lingkup pemerintahan Kota Bogor memasuki babak baru. Kini, panitia seleksi (pansel) telah mengantongi tiga nama terbaik yang akan diajukan ke Wali Kota Bogor.

Pansel telah mengumumkan tiga besar hasil tahapan seleksi itu. Dua dinas, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) siap memiliki pucuk pimpinan baru.


Pengumuman tiga besar itu tertuang dalam surat bernomor 018/Pansel.JPT-Bgr/2023.

Ketua Pansel Lelang Jabatan Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan, tiga nama itu dikerucutkan dari proses seleksi administrasi yang menghasilkan 19 nama. Setelah melalui beberapa tahapan, tiga orang siap mengisi kekosongan kursi pimpinan.

“Penilaian seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama (JPT) di lingkungan Pemkot Bogor terdiri dari empat komponen. Pertama, assessment atau uji kompetensi, pemaparan visi misi dan wawancara. Lalu, penulisan makalah, dan terakhir dinilai berdasarkan rekam jejak,” paparnya.

Menurut Sekda Kota Bogor ini, seluruh tahapan tersebut bertujuan untuk mengetahui rencana kerja, kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosio kultural.

Tahapan rekam jejak menilai pendidikan, riwayat pekerjaan, pelaksanaan tugas, dan diklat yang telah dimiliki oleh peserta. Namun, penetapan calon terpilih masih perlu beberapa tahapan lanjutan.

“Wali Kota (akan) memilih satu orang untuk masing-masing jabatan lowong dan menetapkan dalam Keputusan Wali Kota paling lambat 10 Maret 2023 (setelah mendapatkan rekomendasi dari KASN),” papar dia.

Untuk pelantikan, masih menyesuaikan dengan jadwal Wali Kota Bogor. (*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahamnto

Berikut nama-nama yang menjadi 3 besar untuk jabatan kepala dinas.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
1. Muhamad Hutri
2. Rena Da Frina
3. Yadi Cahyadi

Dinas Arsip dan Perpustakaan
1. Lia Kania Dewi
2. Rudiyana
3. Tyas Ajeng Fitriani Prihandari