25 radar bogor

Masjid Al Jabbar Ditutup Sementara, Pemprov Jabar Siapkan Lahan Khusus bagi PKL

Masjid Al Jabbar Ditutup Sementara, Pemprov Jabar Siapkan Lahan Khusus bagi PKL

BANDUNG – RADAR BOGOR, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sedang persiapkan lahan khusus sekitar 1 hektare di seberang Masjid Al Jabbar untuk ditempati pedagang kaki lima (PKL) berjualan.

”Sekitar satu hektare di seberang masjid itu akan jadi solusi. PKL akan ditampung di sana dengan suasana yang lebih tertib,” ujar Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara di Bandung, Kamis (2/3).

Dia mengatakan, Pemprov Jabar saat ini sedang menata PKL Masjid Raya Al Jabbar, di Gedebage, Kota Bandung, agar lebih tertib dan rapi. Keputusan menata PKL di tempat khusus dihasilkan seusai Rapat Evaluasi Masjid Al Jabbar.

Gubernur mengatakan, PKL tidak dilarang berjualan di sekitar Masjid Al Jabbar. Namun, harus ada penataan. Selain itu, perlu juga aturan main bahwa PKL yang berjualan diprioritaskan berasal dari warga lokal.

Sebelumnya, banyak PKL yang bukan berasal dari wilayah sekitar sehingga kedisiplinan menjadi tidak terkendali.

”PKL itu boleh, tapi yang diprioritaskan adalah warga lokal. Kemarin terdeteksi banyak PKL bukan warga setempat. Karena ramai jadi kedisiplinan tidak terkendali,” ujar Ridwan Kamil.

Masjid Al Jabbar ditutup sejak 27 Februari dan akan dibuka kembali 14 Maret. Selain untuk persiapan Ramadan, Masjid Al Jabbar ditutup karena harus ada penyempurnaan teknis pada beberapa bagian oleh kontraktor.

”Masjid Al Jabbar tutup dulu dua minggu, karena ada beberapa hal yang perlu disempurnakan. Ada penyempurnaan teknis, sedang disempurnakan kontraktor,” terang Ridwan Kamil.

Gubernur berharap Al Jabbar setelah dibuka kembali akan lebih bersih, tertata, dan tertib.

”Insya Allah Ramadan (Masjid Al Jabbar) lebih kinclong, lebih tertata, dan tertib. Parkir liarnya juga sudah ditata dengan sistem yang lebih baik,” papar Ridwan Kamil.

Gubernur memprediksi saat Ramadan, Al Jabbar akan dipenuhi warga untuk beribadah dan menjadi lokasi favorit baru untuk ngabuburit.

”Sebelum Ramadan saja seramai itu, apalagi nanti ngabuburit pasti dikejar semua orang untuk buka puasa bersama. Jadi tidak apa-apa, asal tertib, daripada sepi tidak ada kegiatan,” tutur Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sedang persiapkan lahan khusus sekitar 1 hektare di seberang Masjid Al Jabbar untuk ditempati pedagang kaki lima (PKL) berjualan. (JPG)

Editor : Yosep / Dikara PKL