25 radar bogor

Cegah Korban Jiwa, Presiden Jokowi Minta Mitigasi Bencana Lebih Awal

Presiden Jokowi OTW ke Lampung
Presiden Jokowi membuat pernyataan yang kontroversi soal Pemilu 2024.

“Skenario harus juga disiapkan, kalau pas terjadi misalnya gunung berapi larinya ke mana, kalo pas ada gempa bumi larinya ke mana. Seperti ini secara detail yang sering kita abai. Pas ada bencananya kita pontang panting,” kata Jokowi saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (2/3).

“Karena ini sebagai contoh di Turki, korban sekarang yang meningal sudah 51.000 jiwa dan ribuan masih hilang,” sambungnya.

Kepala negara mengingatkan, konstruksi bangunan anti gempa harus mulai dilakukan. Hal ini harus diterapkan bukan hanya pada gedung-gedung tinggi, tapi juga terhadap bangunan yang tidak bertingkat.

Jokowi lantas meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengidentifikasi potensi bencana yang ada di daerah masing-masing. Seperti tanah longsor, banjir, gempa bumi, erupsi gunung berapi dan lainnya.

“Yang lebih penting lagi siapkan anggarannya. Jangan sampai BPBD berteriak pak tidak ada anggarannya, atau ada yang menyampaikan pak anggarannya kecil sekali. Padahal jelas-jelas, daerah itu sering terjadi bencana, baik itu banjir, tanah longsor, gempa bumi, erupsi gunung berapi. Siapkan, jangan setiap bencana yang ditelepon kepala BNPB, Menko PMK, daerah dulu mestinya. Kalau besar dan tidak memiliki kemampuan baru pemerintah pusat,” pungkas Jokowi. (JPG)

Editor : Yosep / Dikara PKL