25 radar bogor

Polisi Ringkus Spesialis Pembobol Mesin ATM

Sejumlah alat rakitan las untuk membobol ATM Indomaret disita Polresta Bogor Kota. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dua pelaku pembobolan mesin ATM di Indomaret Kompleks Bogor Permai Bogor berhasil ditangkap. Polisi menggelandang empat pelaku yang berbekal alatlas rakitan.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Bismo Teguh Prakoso menuturkan, dalam menjalankan aksinya kedua pelaku membobol mesin ATM Bank CIMB Niaga dengan menggunakan alat las rakitan yang terdiri dari tabung oksigen, elpiji 3 kilogram, dan berbagai peralatan lainnya.


Ia memaparkan, kronologinya mereka masuk melalui atap dengan cara membobol plafon. Setelah berhasil masuk, mereka kemudian membobol ATM dengan alat tersebut.

“Aksi tersebut baru diketahui ketika pegawai minimarket yang ingin membuka gerai di pagi harinya,” terang Bismo dalam konferensi pers di Makopolresta Bogor Kota, Rabu (1/3).

Dari lokasi tersebut, para pelaku berhasil menggasak uang tunai senilai Rp285 juta.

Sementara itu, pelaku juga melakukan tindakan serupa di wilayah Kabupaten Bogor tepatnya di Indomaret Cibubur. Di sana, mereka berhasil mencuri uang tunai Rp700 juta. Total uang tunai yang dicuri hampir mencapai Rp1 miliar.

“Dalam kasus ini total ada 4 pelaku, 2 berhasil kami amankan di Lahat, Sumatera Selatan sedangkan 2 lainnya masih dalam pencarian,” terang dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto