25 radar bogor

Pantau 51 Bandara, Kemenhub Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2023

Pantau 51 Bandara, Kemenhub Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2023

JAKARTA – RADAR BOGOR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memantau 51 bandar udara (bandara) untuk mendukung kelancaran selama masa angkutan Lebaran 2023.

”Pemantauan di 51 bandara dilakukan terkait aspek keselamatan, keamanan penerbangan, peningkatan jumlah penumpang, pergerakan pesawat, kendala teknis, dan faktor lain,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni seperti dilansir dari Antara, Rabu (1/3).

Adapun 51 bandara yang dilakukan pemantauan tersebut, 16 di antaranya merupakan bandara internasional (entry point). Pemantauan dilakukan dengan mendirikan posko angkutan udara Lebaran yang akan memberikan pelayanan transportasi udara kepada masyarakat selama arus mudik dan balik.

Kemudian, 51 bandara terdiri atas 14 bandara yang dikelola unit penyelenggara bandar udara, 15 bandara dikelola PT Angkasa Pura I, 20 bandara dikelola PT Angkasa Pura II, satu bandara dikelola Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Batam, dan satu bandara yang dikelola pemerintah daerah.

”Sedangkan, untuk pelayanan rute penerbangan, telah disediakan 270 rute domestik yang menghubungkan 122 kota (penerbangan dalam negeri) dan 112 rute internasional yang menghubungkan 48 kota di luar negeri dari 22 negara,” terang Maria Kristi Endah Murni.

Sementara itu, untuk kesiapan armada, lanjut dia, saat ini telah disiapkan sebanyak 394 pesawat untuk penerbangan reguler dan akan bertambah pada saat pelaksanaan angkutan udara Lebaran 2023. Lebih lanjut, Kristi mengatakan beberapa strategi antisipasi juga telah disiapkan Ditjen Perhubungan Udara seperti menjaga dan meningkatkan pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, meningkatkan kapasitas angkutan udara (supply side), dan menjaga pertumbuhan demand.

”Berikutnya, meningkatkan pelayanan penumpang, mengantisipasi kondisi kahar atau darurat lainnya, dan melakukan komunikasi efektif dan masif kepada pengguna jasa transportasi udara,” ujar Maria Kristi Endah Murni.

Sedangkan, untuk mengatasi lonjakan penumpang, menurut dia, akan dilakukan penambahan kapasitas tempat duduk melalui extra flight atau mengganti pesawat dengan ukuran yang lebih besar.

”Kami juga memastikan kesiapan armada, jam operasi bandara, utilisasi jam terbang pesawat serta tidak ada pekerjaan yang dilakukan pada sisi udara,” ucap Kristi.

Terkait pelayanan tarif angkutan udara, akan dilakukan pengawasan oleh para inspektur dari direktorat teknis terkait kepada maskapai dan ground handling.

”Tugas kami memastikan pelayanan sebelum, selama, dan setelah penerbangan (pre-in-post flight) berjalan sesuai dengan prosedur penerbangan,” ujar Maria Kristi Endah Murni.

Dia menegaskan, agar pemantauan tersebut berjalan dengan baik, diperlukan kolaborasi dan kerja sama yang baik dengan stakeholder penerbangan.

”Sehingga, apabila ditemukan kendala dapat dengan cepat mengambil langkah antisipatif. Seluruh operator penerbangan agar merespons secara cepat semua keluhan yang disampaikan penumpang. Bersama-sama kita ciptakan angkutan Lebaran 2023 dengan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman,” ucap Kristi. (JPG)

Editor : Yosep / Dikara PKL