25 radar bogor

Mahfud MD Minta Dandy Dihukum Berat, Sarankan Dijerat Pakai Pasal Ini

Mario Dandy Satrio
Terdakwa kasus penganiayaan terhadap David Ozora, Mario Dandy Satriyo, bakal mendengarkan pembacaan vonis hakim pada Kamis (7/9/2023).
JAKARTA – RADAR BOGOR, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, mendorong penyidik Polres Jakarta Selatan menerapkan pasal yang lebih berat kepada Mario Dandy Satriyo. Hal ini karena dianggap menganiaya secara brutal Cristalino David Ozora. Adapun pasal yang bisa dipakai untuk memperberat yakni 354 dan 355 KUHP.

“Saya akan jauh lebih setuju dan mendukung untuk mencoba menerapkan pasal yang lebih tegas, untuk membuat anak-anak muda, untuk membuat orang tua mendidik anak-anaknya dengan baik, diterapkan pasal 354 dan 355,” kata Mahfud kepada wartawan, Rabu (1/3).

Pasal 354 KUHP, yakni mengatur penganiayaan yang dikakukan sengaja untuk melukai orang lain secara berat. Pasal ini memiliki ancaman hukum pidana penjara 8 tahun. Jika mengakibatkan kematian korban, ancamannya menjadi 9 tahun penjara.

Sedangkan Pasal 355 KUHP terkait penganiayaan terencana dengan ancaman pidana 12 tahun. Jika mengakibatkan kematian, diperberat menjadi 15 tahun penjara.

“Saya minta aparat penegak hukum profesional, tidak boleh boleh main-main, karena masyarakat sekarang gampang tahu, wah ini ada upaya menyembunyikan ini, ada upaya membelokan ini, mengaburkan ini,” imbuh Mahfud.

Sebelumnya, viral di media sosial Twitter informasi tentang penganiayaan dan penculikan terhadap anak di bawah umur bernama David. Korban dikabarkan sampai koma usai dianiaya oleh pria berinisial MDS yang berstatus sebagai anak seorang pejabat eselon II di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

Peristiwa bermula saat korban tengah bermain di rumah temannya pada 20 Februari 2023. Lalu mantan pacar David menghubungi, menanyakan lokasi korban dengan maksud hendak mengembalikan kartu pelajar.

David kemudian membagikan lokasi terkini. Lalu datang satu unit Jeep Rubicon warna hitam dengan plat nomor palsu. David kemudian mendatangi pelaku, hingga terjadi cekcok. Di situ korban dipukul oleh MDS sampai terkapar.

Korban dilaporkan mengalami luka serius di area kepala. Korban pun dilarikan ke Rumah Sakit Medika karena dalam kondisi tak sadarkan diri hingga harus dirawat di ruang ICU. Pihak orang tua korban selanjutnya melaporkan kasus ini ke Polsek Pesanggrahan. (JPG)

Editor : Yosep / Dikara PKL