25 radar bogor

Endang S Thohari Sebut Dukungan Berbagai Pihak Diperlukan Untuk Perkembangan Sektor Perkebunan Kota Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Anggota Komisi IV DPR RI Endang Setyawati Thohari membuka bimbingan teknologi bersama Kementerian Pertanian di Kota Bogor, selama 2 hari, Rabu dan Kamis 01-02 Maret 2023.

Sebanyak 200 peserta mengikuti kegiatan tersebut.

Endang menyampaikan pentingnya hilirisasi untuk mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat, serta kebutuhan zona hijau di perkotaan.

Seperti perkebunan dengan pemanfaatan ruang terbuka hijau, perkebunan dengan konsep tematik berdasarkan komoditas, pengolahan hasil perkebunan serta ekoeduwisata dengan tema perkebunan.

Baca juga: Merintis Kampung Tematik One On Farm Abiu Katulampa

Endang pun mengatakan, perlu adanya dukungan pemerintah kota dalam hal pemasaran produk hasil olahan UMKM.

Selain itu, kerja sama dengan pihak swasta dan puluhan hotel di Kota Bogor juga diperlukan, untuk bersedia menampung produk komoditi pertanian, yang dihasilkan masyarakat Kota Bogor.

“Juga perlu adanya pengembangan kawasan Ekowisata atau Kampung Wisata Tematik Kota Bogor,” tegas Endang.

Pasalnya, kata Endang, Bogor memiliki tingkat kesuburan tanah yang sangat mendukung, untuk mengembangkan perkebunan dan pertanian.

“Kota Bogor, sama dengan Kabupaten Cianjur, punya banyak tumbuh subur dan beraneka ragam potensi lokal dan rempah seperti kopi, cengkeh, pala, ubi-ubian, sayur mayur,” kata Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI itu.

Untuk itu, menurut legislator dapil Jawa Barat III yang meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur tersebut, bimtek yang diberikan kepada petani, terutama petani millenial dan ibu-ibu kelompok wanita tani (KWT) menjadi penting, dengan harapan plasma nutfah bibit unggulnya tetap terjaga dengan baik. Kegiatan bimtek berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. (*/ran)

Editor: Rany