25 radar bogor

Akses Utama SMAN 1 Caringin Longsor, Ratusan Siswa Terancam

SMAN 1 Caringin
Kondisi akses utama SMAN 1 Caringin yang longsor.

CARINGIN-RADAR BOGOR, Akses jalan menuju SMAN 1 Caringin, Kabupaten Bogor longsor. Pantauan Radar Bogor, longsor menggerus hampir sebagian jalan. “Karena diguyur hujan terus, jadi longsor,” kata Humas SMAN 1 Caringin, Adnan Syaeful Bahri kepada Radar Bogor Rabu (1/3/2023).

Menurutnya, jalan yang berada di atas tebing setinggi 11 meter itu, terus terkikis. Saat ini masih bisa dilalui. Namun, jika tidak segera diperbaiki, khawatir terjadi longsor susulan, bisa memutus utama menuju SMAN 1 Caringin tersebut. “Khawatir longsor susulan,” paparnya.

Untuk sementara waktu, kata Adnan, pihaknya melakukan penanggulangan dengan memasang terpal serta pembatas jalan di lokasi. Kata dia, longsor telah menggerus lebih dari satu meter badan jalan serta material beton pagar jembatan.

Avatar

Baca Juga:

 Jembatan Cikereteg Ditutup 14 Hari, Warga Minta Tol Bocimi Gratis

“Termasuk plang SMAN 1 Caringin juga ikut tergerus material longsor. Longsor juga telah mengakibatkan saluran air Cigintung menjadi tersumbat, air jadi naik,” terangnya.

Pihaknya mengaku telah melaporkan kejadian itu kepada Pemkab Bogor, melalui dinas terkait yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pendidikan (Disdik), serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), termasuk Plt Bupati Bogor.

“Kami sangat khawatir akan ada longsor susulan yang bisa menyebabkan terputusnya akses utama ini. Jika itu terjadi, tidak bisa dibayangkan, ada ratusan siswa yang terancam tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar. Karena memang cuma ini akses satu-satunya,” tuturnya.

Senada, Ketua Komite SMAN 1 Caringin, Udung Saidun, juga meminta Pemkab Bogor melalui dinas terkait segera melakukan penanggulangan di lokasi. Karena diakuinya, sekolah dengan jumlah 854 siswa serta memiliki 61 tenaga pendidik itu, berada di lokasi dengan kontur tanah yang rentan longsor.

“Kami sudah sampaikan juga hal ini ke Gubernur Jabar melalui cabang dinas. Harapannya sih bisa segera direspon. Karena jika tidak segera diantisipasi khawatir terjadi longsor susulan, yang bisa memutus akses jalan utama menuju sekolah ini,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep