25 radar bogor

Selamat, Rumah Sakit Islam Aysha Raih Akreditasi Paripurna

Rumah Sakit Islam Aysha
Rumah Sakit Islam Aysha, berhasil memperoleh predikat Paripurna atau bintang lima atas penilaian akreditasi rumah sakit oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI) awal 2023.

BOGOR-RADAR BOGOR, Rumah Sakit Islam Aysha, berhasil memperoleh predikat Paripurna atau bintang lima atas penilaian akreditasi rumah sakit oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI) awal 2023.

LARSI merupakan salah satu dari 6 lembaga independen penyelenggara akreditasi rumah sakit, yang telah mendapatkan SK pengukuhan dari Kementerian Kesehatan untuk dapat menyelenggarakan akreditasi rumah sakit.

BACA JUGA: RS Islam Aysha Layani 11 Poliklinik Spesialis

Akreditasi Rumah Sakit, adalah suatu proses dimana suatu lembaga independen melakukan assesment terhadap rumah sakit, berdasarkan standar akreditasi yang berlaku.

Akreditasi rumah sakit ini berupaya melindungi pasien melalui pelayanan yang sesuai dengan prosedur dan standar, mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), administrasi, komunikasi, peralatan medis hingga fasilitas-fasilitas penunjang serta seperti apa upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

Dengan ini, Rumah Sakit Islam Aysha, berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan dengan sebaik-baiknya, serta selalu berupaya memberikan akses mudah di RS Islam Aysha yang diperuntukan kepada seluruh kalangan masyarakat, melalui berbagai inovasi layanan dan fasilitas yang terus ditingkatkan sehingga pelayanan kesehatan yang baik akan terus terwujud.

Komisaris Rumah Sakit Islam Aysha, Dr. HR Agus Sriyanta M.Pd mendukung penuh keberlangsungan akreditasi. Ia mengatakan, penilaian akreditasi ini bertujuan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit, meningkatkan perlindungan bagi masyarakat, sumber daya manusia di rumah sakit dan rumah sakit sebagai institusi, serta meningkatkan profesionalisme RS Islam Aysha.

“Saya sangat mendukung kerja keras yang dilakukan pihak-pihak yang terlibat dalam penilaian akreditasi RS Islam Aysha. kegiatan tersebut tentu memiliki tujuan untuk meningkatkan pelayanan RS Islam Aysha, dan meningkatkan perlindungan serta profesionalisme RS Islam Aysha di mata masyarakat luas” ujar Dr. HR Agus Sriyanta.

Ia juga mengaku bangga, sebab setelah memperoleh penilaian, maka Rumah Sakit Islam Aysha telah memenuhi standar akreditasi yang disetujui oleh pemerintah dan berharap RS Islam Aysha terus meningkatkan pelayanan yang lebih berkualitas.

“Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Rumah Sakit Islam Aysha karena mendapatkan hasil yang memuaskan dalam penilaian akreditasi. Semoga, untuk kedepannya Rumah Sakit Islam Aysha terus meningkatkan mutu pelayanan dan menambah kepercayaan masyarakat terhadap RS Islam Aysha” tutur Dr. HR Agus Sriyanta.

Atas pencapaian ini, dr. E. Alfian Sutandi pun selaku Direktur Rumah Sakit Islam Aysha, bangga dengan apa yang diraih. Ia mengatakan, ini merupakan kado terindah terlebih Rumah Sakit Islam Aysha baru mengabdi sebagai pelayanan kesehatan tingkat lanjut di Kabupaten Bogor selama kurang lebih 7 bulan.

“Selamat untuk Rumah Sakit Islam Aysha atas pencapaian predikat akreditasi Paripurna di awal tahun 2023. Hasil ini tentu merupakan hadiah terindah, mengingat Rumah Sakit Islam Aysha baru beroperasional tepatnya 1 Juli 2022, dan merupakan akreditasi pertama setelah kurang lebih selama 7 bulan mengabdi sebagai pelayanan kesehatan tingkat lanjut di wilayah Cibinong Kabupaten Bogor,” ucap dr. E. Alfian Sutandi.

Pada akhir sambutan, ia memberi harapan untuk Rumah Sakit Aysha bahwa, dengan hasil ini dapat mendorong semangat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien secara optimal.

“Dengan hasil capaian akreditasi ini, semoga menjadi penyemangat dan mendorong meningkatkan motivasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan terus mengembangkan diri untuk menjaga mutu pelayanan dan keselamatan pasien,” lanjut dr. E. Alfian Sutandi.

Pada tanggal 16, 20 dan 21 Januari 2023, menjadi hari yang bersejarah bagi perjalanan Rumah Sakit Islam Aysha. Pada hari tersebut, berlangsung penilaian akreditasi pertama kalinya untuk Rumah Sakit Islam Aysha oleh LARSI guna mengukur kualitas pelayanan dan keselamatan kepada pasien.

Kegiatan yang dilakukan tiga hari tersebut, LARSI menugaskan dua orang surveyor antara lain Dr. M. Indrawan Yachya, Sp.OG, Subsp. Obgysos dan Eko Budi Santoso, S. Kep, Ners, M. Kep.

Dalam proses penilaian akreditasi, di hari pertama dilakukannya wawancara dan telusur dokumen secara daring yang dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok manajemen dan kelompok pelayanan dengan surveyor I dan II.

Selanjutnya di hari kedua berlangsungnya pembukaan Akreditasi secara luring, yang dihadiri oleh komisaris RS Islam Aysha, dewan pengawas, direktur RS Islam Aysha, jajaran direksi RS Islam Aysha, kedua surveyor akreditasi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, beberapa kepala puskesmas di Kabupaten Bogor.

Setelah itu, dihari yang sama dilanjut telusur lapangan dan fasilitas rumah sakit oleh Surveyor I dan Surveyor II sesuai dengan bidangnya masing-masing. Pada hari terakhir, berlangsung penyampaian laporan dari surveyor dan acara penutupan yakni exit conference dari tim surveyor akreditasi LARSI. (abe)

Editor : Yosep