25 radar bogor

Pustaka Kementan Ajarkan Cara Basmi Hama Tanpa Kimia

Pustaka Kementrian Pertanian menggelar program perpustakaan khusus berbasis inklusi sosial (PKBIS) di Poktan Cahaya Tani, Desa Benteng, Ciampea. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

CIAMPEA-RADAR BOGOR, Pusat Perpustakaan dan Literasi Pertanian (Pustaka) Kementrian Pertanian menggelar program perpustakaan khusus berbasis inklusi sosial (PKBIS) di Poktan Cahaya Tani, Desa Benteng, Ciampea.

Penanggung Jawab kegiatan PKBIS Kementrian Pertanian Eka Kusmayadi mengungkapkan, program itu merupakan transformasi layanan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan pengguna perpustakaan.


Menurutnya, Pustaka berperan sebagai institusi penyedia sumber informasi khusus bidang pertanian untuk didayagunakan oleh masyarakat, khususnya petani dan penyuluh pertanian.

“Transformasi layanan perpustakaan mendukung kesejahteraan dengan kegiatan transfer pengetahuan, membangun akses serta melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif,” paparnya, Selasa (28/2).

Eka merincikan, PKBIS digelar di tiga desa Kabupaten Bogor dan dirangkaikan dengan kegiatan tahun lalu. Bimbingan teknik dikhususkan tentang hama pertanian.

Pihaknya memilih Desa Benteng lantaran hanya BPP Cibungbulang yang sudah memiliki Posluhdes.

“Posluhdes ini wadah tempat berkumpul, bukan hanya petani, tapi UMKM juga yang bisa memanfaatkan sumber informasi,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala Desa Benteng, Faka Harika mengakui, keberadaan posluhdes tidak hanya ke pertanian tapi aspek lainnya, dan bisa kolaborasi dengan umkm serta Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).


“Ini satu kegiatan pertanian berkaitan dengan umbi. Tentu ada potensi masalah tentang hama. Dari Kementan memberikan pelatihan cara basmi hama sekaligus mengenai produksi pertanian agar lebih meningkat,” tuturnya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto