25 radar bogor

Bogor Clean Action Konsisten Pungut Sampah Sembilan Tahun

Bogor Clean Action
Bogor Clean Action. (IST)

BOGOR-RADAR BOGOR, Raihan Piala Adipura bagi Kota Bogor menjadi bukti kuatnya kolaborasi antar pihak. Tak terkecuali, komunitas-komunitas yang peduli pada kebersihan lingkungan. Salah satunya, Bogor Clean Action.


Komunitas yang terdiri dari gabungan pelajar ini memulai pergerakannya sejak tahun 2014 lalu. Saat itu, mereka mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan di Taman Sempur.

Koordinator Bogor Clean Action, Agil Mulqi menjelaskan, aktivitas itu rutin dilakukan setiap pekan. Dalam sekali turun mereka dapat mengumpulkan 20-30 kantong sampah.

“Memang saat itu kondisi Taman Sempur belum seperti sekarang. Kami memungut sampah sembari berolahraga,” tuturnya.

Semakin berkembang, komunitas ini kian banyak diikuti oleh masyarakat. Bogor Clean Action pun kerap membuka diri ketika turun menjalankan aksinya, sehingga masyarakat dapat turut berpartisipasi memungut sampah.

Hingga kini komunitas ini sudah merambah ke tempat-tempat umum lain seperti Taman Heulang, GOR Pajajaran, Katulampa, dan wilayah lainnya. Tak berhenti di situ Bogor Clean Action juga turut terlibat membantu Dinas Lingkungan Hidup membersihkan sampah pada event tahun baru yang acap menimbulkan banyak sampah.


“Jumlah anggota yang aktif sekira 10 orang saja, tetapi kami terbuka untuk umum saat turun beraksi. Informasi itu kami sampaikan melalui media sosial. Sekolah yang sedang intens terlibat di antaranya SMK Tri Dharma dan Sekolah Alam Bogor,” tutur Agil. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto