25 radar bogor

Tebingan Longsor Tutup Akses Gunung Geulis – Gadog

Warga membersihkan material longsor yang sempat menutup akses jalan Sentul - Gadog di Kampung Nyalindung, Desa Gunung Geulis, Sukaraja, Senin (27/2). (Radar Bogor/ Septi Nulawam)

SUKARAJA-RADAR BOGOR, Tanah longsor menutup akses jalan Sentul – Gadog di Kampung Nyalindung, Desa Gunung Geulis, Sukaraja. Longsor terjadi pada Senin (27/2) dini hari.

Hingga sore hari, warga setempat masih membersihkan material longsor menggunakan alat seadanya. Lantaran jalan tersebut menjadi jalur utama kendaraan yang melintas.


Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko mengatakan, peristiwa tersebut disebabkan intensitas hujan yang tinggi di wilayah tersebut.

“Sekitar jam 03.30 WIB pagi, tebingan longsor di jalan seputaran GGCA yang menutup setengah badan jalan,” ujarnya saat dikonfirmasi Radar Bogor, Senin (27/2).

Menurutnya, longsor sepanjang dua meter dan tinggi delapan meter itu menutup jalan sehingga tidak bisa dilalui kendaraan yang melintas. Warga setempat pun melapor ke aparat terkait sebelum petugas BPBD datang ke lokasi kejadian.

Situasi terakhir, kata Aris, jalan tersebut mulai bisa dilalui kendaraan meski belum semua material longsor di badan jalan dapat dibersihkan.

“Tidak ada korban jiwa, namun dibutukan penanganan lebih lanjut dari pihak terkait,” ucapnya.

Sementara itu, longsor juga terjadi di desa yang sama yakni di Kampung Pabangbon. Sebuah Tembok Penahan Tanah (TPT) ambruk menimpa sebuah rumah hingga rusak di bagian belakang.

Kasie Pelayanan Desa Gunung Geulis, Edi Suhardi menuturkan, pemilik rumah bersama keluarganya kini telah mengungsi di tempat aman.

“Mengungsi di rumah tetanggannya, karena khawatir terjadi longsor susulan. Saat ini sedang dalam pembenahan,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto