25 radar bogor

Puluhan Foto BSF CGM 2023 Dipamerkan, Ini Lokasi dan Waktunya

Warga antusias menyaksikan festival budaya Dari Bogor Untuk Indonesia di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat. Minggu (5/2/2023). Festival Budaya tersebut dalam rangka memeriahkan Cap Go Meh pasca ditiadakan akibat pandemi. Foto : Radar Bogor / Hendi Novian

BOGOR-RADAR BOGOR, Gelaran Bogor Street Festival Cap Go Meh (BSF CGM) yang berlangsung meriah dapat kembali dirasakan sensasinya oleh warga Bogor. Itu bisa disaksikan masyarakat lewat pameran foto Cap Go Meh yang digelar di Atrium Lantai 2, Mall Botani Square.


Ketua Panitia BSF CGM, Arifin Himawan menjelaskan pameran tersebut menampilkan momen-momen kegiatan Cap Go Meh pada Minggu (5/2) lalu yang tertangkap oleh para fotografer.

Sebanyak 80 karya foto dari berbagai kategori yang dipamerkan dalam event tersebut. Pameran foto ini berlangsung selama 6 hari saja, sejak Senin (27/2) hingga Sabtu (4/3).

Ahim melihat, pameran foto menjadi tempat mengabadikan kegiatan BSF CGM yang menjadi kebanggan bagi warga Bogor.

“Hasil bidikan para penggiat seni fotografer ini bisa mengabadikan momen yang tidak pernah lekang oleh waktu, sehingga bisa dilihat kapan saja bahkan bisa diwariskan kepada generasi yang akan datang. Ini juga menjadi ajang seni dari pengambilan momen event yang tanpa adanya rekayasa dan secara natural,” tuturnya.

Menurutnya, seni fotografi dapat menjadi sarana penyampaian cerita kembali soal Cap Go Meh kepada masyarakat lewat imajinasinya yang tergambar ketika melihat foto tersebut.

Penanggung Jawab Pameran Foto, Ricki Agustinus menambahkan, foto yang ditampilkan merupakan hasil karya puluhan fotografer relawan BSF CGM.

“Total ada 42 fotografer yang terlibat saat pelaksanaan. Mereka bukan hanya dari Bogor melainkan wilayah Jabodetabek. Ada yang sudah lama sejak tahun 2012 namun tidak sedikit juga yang baru,” tuturnya.


Selain pameran foto, event tersebut juga akan diisi dengan bincang-bincang para fotografer pada Sabtu (4/3). Momen itu akan diisi dengan sharing pengalaman suka duka para fotografer saat mendokumentasikan Cap Go Meh di Kota Bogor. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto