25 radar bogor

Kasus HIV Kabupaten Bogor Terbanyak Kedua Se-Jabar

Ilustrasi ODHA
Ilustrasi ODHA

CIBINONG-RADAR BOGOR, Yayasan Lembaga Kajian Strategis (Lekas) Bogor mencatat, sebanyak 598 kasus positif HIV-AIDS di Kabupaten Bogor pada periode Januari – Oktober 2022. Alhasil, Kabupaten Bogor menjadi wilayah dengan kasus HIV terbanyak kedua se-Jawa Barat.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Agus Fauzi mengakui, bersama jajarannya terus berupaya menekan angka kasus HIV yang kian hari terus meningkat.


“Di antaranya dengan penguatan jejaring fasilitas kesehatan dan layanan, baik milik pemerintah maupun swasta,” ucapnya, Senin (27/2).

Menurutnya, penguatan jejaring faskes dan layanan ini sangat penting guna mendeteksi dini penyebaran kasus HIV.

Di samping itu, Dinas Kesehatan melalui puskesmas di wilayah gencar melakukan penyuluhan guna menemukan sedini mungkin kemungkinan kasus HIV termasuk penjaringan ibu hamil.

Dengan semakin dibukanya akses pemeriksaan secara masif, Agus berharap pemeriksaan dapat dilakukan secara masif sehingga dengan cepat ditemukannya kasus-kasus HIV baru.

“Semakin banyak masyarakat yang diperiksa, dan semakin banyak kasus yang ditemukan, kita bisa langsung melakukan pengobatan,” jelasnya.

Saat ini lanjutnya, ada sebanyak 101 puskesmas di Kabupaten Bogor yang membuka layanan pemeriksaan HIV.

“Empat puskesmas di antaranya telah dijadikan satelit ARV untuk Orang dengan HIV-AIDS,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto