25 radar bogor

Serbukatif Bawa Kota Bogor Sabet Juara Kota Terinovatif

Kota Bogor menyabet penghargaan sebagai kota terinovatif se-Jawa Barat.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kota Bogor menyabet penghargaan sebagai kota terinovatif dari 27 kota dan kabupaten se-Jawa Barat. Penghargaan itu melalui Jabar Bergerak Kota Bogor yang melahirkan program inovatif.


Ketua Jabar Bergerak Kota Bogor, Yantie Dedie Rachim mengaku bangga atas penghargaan yang diterima Kota Bogor sebagai kota terinovatif ke-1.

Menurut dia, untuk mendapat penghargaan terinovatif memang bukan hal yang mudah. Karena diperlukan kerja keras, kreatif, dan kolaborasi.

Jabar Bergerak Kota Bogor memiliki program yang terus digaungkan yakni gerakan Seribu Kata Positif (Serbukatif). Pihaknya menginisiasi program Serbukatif sejak tahun 2022, yang direspons positif dari pihak sekolah maupun dinas pendidikan.

“Mendapat penghargaan Kota Terinovatif se-Jawa Barat merupakan sebuah prestasi yang patut dibanggakan. Pasalnya, inovasi yang dilakukan Jabar Bergerak kaitan dengan program Serbukatif baru satu-satunya di Jawa Barat, bahkan mungkin di Indonesia, dan itu bukan hal yang mudah,” ucap dia.

Program yang digagasnya itu diharapkan menjadi ruang kontrol bagi para pelajar di lingkungan sekolah. Apalagi, saat ini sangat gencar media sosial dengan berbagai aplikasi yang tentunya harus ada ruang kontrol.

“Kami Jabar Bergerak akan terus meningkatkan program Serbukatif ini dengan menggandeng insan-insan pendidikan untuk terus memberikan edukasi kaitan dengan kata-kata yang positif,” tegas Yantie.

Program Serbukatif dimulai dari tingkat sekolah dasar. Mereka terus menyebarluaskan bagaimana untuk melakukan hal-hal yang positif dengan kata-kata yang positif.


Terpisah, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, mengapresiasi program Serbukatif yang digagas itu secara tidak langsung mengkampanyekan murid-murid agar menggunakan kata-kata baik di kesehariannya.Murid-murid yang ada saat ini gampang terpengaruh karakternya dengan hal-hal kurang baik.

“Kemi sangat bangga Kota Bogor mendapatkan penghargaan melalui program Serbukatif,” tukas Dedie.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto