logo-radar-bogor

Resmikan Rumah BUMN Tarutung, UMKM Siap Go Global

TARUTUNG-RADAR BOGOR, Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Rumah BUMN Tarutung, Jumat (24/2) lalu. Persemian itu sekaligus menjadi titik tolak UMKM agar bisa dikenal lebih luas hingga tingkat global.

Hingga saat ini, tercatat sudah lebih dari 200 Rumah BUMN yang tersebar di Indonesia dan 640.000 UMKM yang sudah terdaftar di website Rumah BUMN.


Kementerian BUMN melalui Bank BRI menghadirkan Rumah BUMN ini sebagai wadah pengembangan UMKM. Hal ini disampaikan oleh Staf Khusus III Menteri BUMN , Arya Sinulingga.

“Rumah BUMN Tarutung merupakan Rumah BUMN ke-16 yang sudah hadir di Provinsi Sumatera Utara. Hadirnya Rumah BUMN ini adalah komitmen BUMN memberikan fasilitas ke para pelaku UMKM agar naik kelas sampai Go Global,” tegas Arya.

“Bapak Ibu dan anak-anak muda yang di sini udah disediakan mesin roasting kopi, yang punya usaha coffesshop boleh roasting di sini. Nantinya kita juga akan siapkan alat packaging untuk bantu packaging produk produk UMKM biar lebih menarik” tambah Arya

Selanjutnya, Arya menyampaikan bahwa di Rumah BUMN Tarutung terdapat ruang workshop untuk pelatihan UMKM, ruang pameran, dan juga basecamp millenial BUMN. Ditambah lagi, urusan permodalan dan pemasaran produk barang maupun jasa yang dihasilkan UMKM juga bisa difasilitasi melalui Rumah BUMN Tarutung nantinya.

Bunga, salah satu pelaku UMKM, senang dengan hadirnya Rumah BUMN Tarutung ini. Harapannya, usaha kopinya bisa semakin berkembang.

“Saya senang sekali, 6 bulan yang lalu waktu Pak Erick Thohir kunjungan ke Tarutung. Kami minta dibantu mesin kopi dan ini bukti nyata mesin kopinya hadir di Rumah BUMN Tarutung,” ungkap Bunga.

Peresmian ini diikuti dengan kegiatan apresiasi dan tanya jawab para pelaku UMKM bersama Staf Khusus Menteri BUMN-Arya Sinulingga, Anggota Komisi VI DPR RI-Martin Manurung, Ketua DEKRA NASDA-Satikah Simamora, Wakil Ketua II DPRD Tapanuli Utara-Reguel Simanjuntak. Turut hadir pula dalam acara tersebut Corporate Communication Head BRI Roma JP Simanjuntak, Regional Micro Banking Head BRI Medan-Anditya Mahendra, dan Kepala Cabang BRI Tarutung-Hendro.(*/adv)

Editor: Imam Rahmanto