25 radar bogor

Lagi, Pergeseran Tanah di Bojongkoneng, Sejumlah Rumah Rusak

BPBD Kabupaten Bogor memeriksa sejumlah rumah yang rusak akibat pergeseran tanah di Desa Bojongkoneng, Babakan Madang. (Dok. BPBD)

BABAKAN MADANG-RADAR BOGOR, Pergeseran tanah kembali terjadi di Desa Bojongkoneng, Babakan Madang. Disebabkan intesitas hujan yang tinggi, bencana alam ini mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan longsor.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko mengatakan, hujan deras yang melanda Bogor dan sekitarnya mengakibatkan bencana alam yang terjadi di wilayah tersebut.


“Peristiwa ini terjadi pada Kamis (23/2) lalu. Pergeseran tanah terjadi di dua kampung,” ujarnya saat dikonfirmasi Radar Bogor, Sabtu (25/2).

BPBD mencatat, sebanyak dua rumah di Kampung Tapos mengalami kerusakan. Satu rumah berisikan 4 jiwa rusak di seluruh bagian rumah. Sedangkan, satu rumah lainnya berisikan 6 jiwa mengalami kerusakan di bagian dasar akibat pergeseran tanah tersebut.

Sementara, longsor mengancam rumah warga di Kampung Cikeas, serta menutup akses umum warga setempar.

“Kami telah lakukan asesmen dan mengarahkan para korban untuk mengungsi sementara di tempat aman,” kata Aris.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Menurut Aris, kondisi geografis di wilayah tersebut memang rentan terjadinya pergeseran tanah.

Dengan kondisi cuaca yang didominasi hujan lebat, dikhawatirkan akan terjadinya pergeseran tanah susulan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menindaklanjuti penanganan di wilayah tersebut,” imbuhnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto