25 radar bogor

Kurangi Sampah, “Keroyok” Sungai Ciliwung di Kawasan Istana Kepresidenan

Kegiatan bersih-bersih di Sungai Ciliwung dalam kawasan Kebun Raya Bogor, Sabtu (25/2). (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kawasan Istana Kepresidenan diserbu sejumlah warga dan komunitas. Mereka bebersih sungai sembari memperingati Hari Peduli Sampah.

Kebun Raya Bogor berkolaborasi dengan World Cleanup Day Indonesia serta Komunitas Peduli Ciliwung dan Satgas Naturalisasi Ciliwung Kota Bogor.


Kegiatan bebersih di area Sungai Ciliwung yang berada di dalam Kebun Raya Bogor itu berbatasan langsung dengan Istana Kepresidenan Bogor. Kegiatan diklaim sebagai salah satu mendukung Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari.

Kebun Raya Bogor dengan bentuk kegiatan River Cleanup, berperan sebagai purifikasi air Sungai Ciliwung.

Peserta World Cleanup Day sangat antusias untuk membersihkan Sungai Ciliwung Kebun Raya Bogor. Salah satunya, Wali Kota Bogor Bima Arya selaku Wali Kota Bogor.

“Kegiatan World Cleanup Day di Kebun Raya Bogor merupakan salah satu kegiatan positif yang harus tetap dijaga oleh seluruh masyarakat. Sehingga sungai-sungai yang ada tidak hanya di Sungai Ciliwung, dapat menjadi habitat untuk biota air,” ujar dia.

Sementara itu, GM Corporate Communication PT Mitra Natura Raya, Zaenal Arifin berharap, dengan kegiatan ini pihaknya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kondisi lingkungan saat ini, serta membangun kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar.

Pasalnya, Sungai Ciliwung yang bersih dan terawat di Kebun Raya Bogor di sebelah Istana Kepresidenan ini juga bisa menjadi contoh bagi sungai-sungai lain di Indonesia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto