25 radar bogor

Konser Raisa Sukses Puaskan YourRaisa dari Berbagai Daerah, Ini Sebabnya

JAKARTA-RADAR BOGOR, Setelah tertunda dua kali, Raisa Live In Concert akhirnya sukses tergelar, Sabtu (25/2/2023)  malam, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Konser musisi bernama asli Raisa Andriana itu berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam.

Dalam konser tersebut, Raisa membawakan kurang lebih 27 lagu. Beberapa musisi Indonesia juga bergabung untuk berkolaborasi dengan Raisa di panggung. Misalnya solois Afgan, Vidi Aldiano, dan Isyana Sarasvati.

Raisa membuka penampilannya dengan Berdamai. Kehadiran penyanyi yang akrab disapa Yaya itu bikin YourRaisa –sebutan fans Raisa– berteriak histeris. Apalagi di awal, dia menyanyi di panggung bundar yang berada di tengah penonton festival.

Avatar

Belum sempat menyapa penonton, Raisa melanjutkan perfomnya dengan lagu Benar atau Salah dan Pergilah. Setelah menuntaskan lagu tersebut, Raisa mengaku tegang sekaligus terharu melihat antusiasme puluhan ribu orang yang datang untuk menontonnya.

”Biasanya pemandangan ini yang aku suka lihat di DVD konser. Malam ini aku nggak nyangka banget bisa di atas panggung melihat pemandangan seindah ini,” ucap Raisa. ”Saking tegangnya aku jadi salting (salah tingkah, Red),” lanjut musisi 32 tahun itu.

Serba Salah, Bye Bye, dan Melangkah menjadi lagu berikutnya. Penonton lantas histeris ketika Afgan berada di atas panggung. Bersama Raisa, Afgan beradu suara menyanyikan hit Percayalah. Harmoni keduanya mendapat sorakan meriah dari penonton yang hadir. Kejutan tak berhenti di situ. Lampu panggung dimatikan. Intro lagu Nyawa dan Harapan nyatanya dimainkan dengan piano oleh Isyana Sarasvati. Penonton pun kembali histeris.

Di sela penampilannya, Raisa teringat anaknya, Zalina Raine Wylie, yang tengah sakit. Menurut dia, anak mengajarinya cinta sejati. Belajar menerima, ikhlas, memaafkan diri sendiri maupun situasi.

”Berapa lama lagi kita bisa kayak gini. Berapa lama lagi aku bisa jadi tempat amannya dia dan dunianya dia,” ucapnya sembari mengusap dada. Pengalamannya sebagai seorang ibu yang membuat terciptanya lagu Jangan Cepat Berlalu dan Cinta Sederhana.

Sebelum menggaungkan lagu Anganku Anganmu, Raisa memanggil sahabat-sahabatnya untuk naik panggung, yakni Afgan, Vidi Aldiano, dan Isyana. Harmoni suara empat solois itu memukau YourRaisa yang diakhiri dengan tepuk tangan meriah.

Malam makin larut, istri Hamish Daud itu menghanyutkan perasaan penonton dengan lagu Terjebak Nostalgia, Mantan Terindah, dan Kali Kedua. Kemudian, Apalah (Arti Menunggu) menjadi lagu pemungkas konser.

Sementara itu, sejak pukul 16.00 WIB, kompleks SUGBK sudah dipadati penonton yang hendak menikmati konser tunggal Raisa. Tampak sejumlah antrean mengular di dua gerbang pintu masuk SUGBK.

Avatar

Para penonton yang datang tak hanya dari Jabodetabek. Bahkan, ada yang datang dari luar kota. Misalnya Anggi Ajeng yang rela terbang dari Bali ke Jakarta untuk menonton Raisa Live In Concert. Anggi mengaku ngefans dengan pelantun Apalah (Arti Menunggu) itu sejak duduk di bangku SMA. ”Aku nonton konser Raisa sudah berulang kali dan hari ini (kemarin, Red) yang ke-14. Tapi, sebelumnya di Bali semua dan di Jakarta baru kali ini,” ungkapnya.

Sedangkan Indah yang datang dari Surabaya mengajak suaminya nonton konser kali ini. Sebab, Indah selalu mengikuti perkembangan soal konser setelah dua kali tertunda gara-gara pandemi Covid-19. ”Aku hampir semua lagu yang dinyanyikan Raisa suka. Easy listening dan suaranya juga bagus, orangnya cantik,” terang dia.(JP)

TRIVIA

• Solois perempuan pertama Indonesia yang konser di SUGBK.

• Kapasitas penonton dibatasi 70 persen dari kuota maksimal SUGBK.

• Sempat ditunda dua kali karena pandemi Covid-19. Semula Juni 2020, mundur November 2020, kemudian terealisasi Februari 2023.

• Jalani latihan kardio untuk jaga stamina.

• Les vokal dua kali seminggu untuk konser ini.

• Tidak ambil tawaran menyanyi di awal tahun.

Editor: Pipin