25 radar bogor

Ternyata, Ini Peran Literasi Digital Untuk Pertumbuhan Ekonomi

ilustrasi
ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Literasi digital memiliki peran penting terhadap pertumbuhan ekonomi.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama DPR pun mengangkatnya lewat seminar online Ngobrol Bareng Legislator bertajuk ‘Dampak Literasi Digital Terhadap Perkembangan Ekonomi’.

Wakil Anggota Komisi I DPR RI Utut Adianto mengatakan, saat ini semua hal sudah merambah ke digital, mulai dari pekerjaan, bisnis, bahkan komunikasi.

“Kita sebagai masyarakat umum terkhususnya masyarakat Kabupaten Kebumen harus dapat beradaptasi di dunia digital supaya tidak ketinggalan,” ujarnya.

Baca juga: Strategi Pemerintah Dukung Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan, Sokong Fundamental Ekonomi  

Anggota DPRD Kabupaten Kebumen FA Bambang Trisaktiono menjelaskan, literasi digital memainkan peran signifikan dalam upaya pemulihan ekonomi pascapandemi.

“Literasi digital menjadi perhatian serius bagi pemerintah, karena hal itu menjadi kunci kesiapan SDM Indonesia untuk menghadapi era transformasi digital,” terangnya.

Selanjutnya, akademisi Fikri Tamau menjelaskan, literasi digital mencakup proses berpikir secara kritis untuk mengelola, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi yang didapat dari berbagai sumber digital secara benar, cermat, beretika, dan penuh tanggung jawab.

Literasi digital dapat memberikan manfaat bagi penggunanya untuk menghemat waktu dan biaya.

“Serta memperluas jaringan, membantu dalam membuat keputusan yang baik, serta memperkaya keterampilan individu,” katanya.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, dampak pandemi dan pesatnya teknologi telah mengubah cara beraktivitas dan bekerja.

Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat ini semakin mempertegaskan era disrupsi teknologi.

“Kita semua harus mempercepat kerjasama kita dalam mewujudkan agenda trasnformasi digital Indonesia. Bersama-sama wujudkan cita-cita bangsa Indonesia dengan menjadikan masyarakat madani berbasis teknologi,” tandasnya. (ran)

Editor: Rany