25 radar bogor

Dirjen Pajak Jadi Sorotan, Naik Moge Barang Klub Motor DJP

JAKARTA – RADAR BOGOR, Kasus penganiayaan yang dilakukan anak pejabat pajak terhadap anak pengurus GP Ansor, turut menyeret Rafael Alun Trisambodo, orang tua dari pelaku.

Rafael yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Umum Kanwil DJP Jakarta Selatan II, kemudian dicopot dari jabatannya oleh Menkeu Sri Mulyani.

Belakangan, Rafael diketahui memiliki harta sebesar Rp56,1 miliar dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Selain anaknya jadi sorotan karena sering memamerkan gaya hidup mewah, misalnya mengunggah foto bergaya dengan Rubicon atau Harley Davidson, Rafael ternyata juga sering mengendarai motor gede.

Hal itu juga sempat mendapat sorotan Menkeu Sri Mulyani. Ia bahkan mengecam jajaran Kemenkeu yang bergaya hidup mewah.

“Ini menimbulkan pertanyaan yang sangat serius dari masyarakat mengenai dari mana sumber kemewahan itu diperoleh. Perilaku tersebut jelas mengkhianati dan mencederai seluruh jajaran Kemenkeu, yang saya juga yakin mereka semua sebagian besar telah dan terus bekerja secara jujur dan profesional,” kata Sri, Jumat (24/2/2022).

Tidak hanya Rafel. Dirjen Pajak saat ini, Suryo Utomo, ternyata juga pernah bergaya naik motor gede.

Ini terungkap dalam sebuah video yang saat ini beredar. Di video tersebut, terlihat Suryo Utomo menaiki moge didampingi beberapa pejabat pajak lainnya. Video itu diunggah akun youtube Belasting Rijder pada 2019 lalu.

Apa itu Belasting Rijder? Belasting adalah bahasa Belanda untuk pajak. Rijder adalah pengendara motor (biker).

Belasting Rijder berarti biker pajak. Dari penelusuran, itu nama klub informal di DJP yang anggotanya terdiri dari para pegawai DJP. Mereka sering berkendara (touring) dengan motor.

Grup Belasting Rijder memiliki akun sosial seperti Instagram, Facebook, dan beberapa video yang masih bertebaran di Youtube. Saat ini akun Instagram hilang, sedangkan akun Facebook dikunci.

Namun penelusuran di Instagram dengan hashtag #BelastingRijder menghasilkan 1000 lebih foto para pengendara motor yang terkait DJP, terlihat dari narasi atau caption yang menyertai foto.

Foto-foto itu merupakan unggahan pribadi anggota Belasting Rijder, yang menggunakan hashtag tersebut. (net)

Editor : Yosep