25 radar bogor

Hadir di Kegiatan Boling Pemkab Bogor, DJP Layani Warga

BOGOR-RADAR BOGOR, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Kabupaten Bogor, hadir dalam kegiatan Bogor Keliling (BOLING), di Kantor Kecamatan Dramaga.

Kegiatan yang diusung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor ini, bertujuan untuk melayani masyarakat secara lebih dekat.

KPP yang hadir dalam kegiatan yaitu KPP Pratama Cibinong, KPP Pratama Cileungsi dan KPP Pratama Ciawi.

Ketiga KPP hadir untuk memberikan pelayanan perpajakan antara lain, permohonan EFIN, asistensi pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan, dan asistensi pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

“Kami hadir di sini melayani warga dan memudahkan wajib pajak yang ingin melaporkan SPT Tahunan maupun melakukan pemadanan NIK,” ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat III Lucia Widiharsanti.

Pelaporan SPT Tahunan dan pemadanan NIK menjadi NPWP, dapat dilakukan secara mandiri dengan mengakses laman pajak.go.id. Wajib pajak bisa melakukan kapan saja dan di mana saja asal memiliki gawai dan jaringan internet.

Iwan Setiawan, Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Bogor pimpin langsung kegiatan BOLING. Ia mendukung program-program yang dilakukan DJP dengan Pemkab Bogor.

Melalui Surat Edaran Bupati Bogor, Iwan mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN di lingkup Pemkab Bogor untuk segera melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP.

Selain itu ia juga mengimbau untuk segera lapor SPT Tahunan sebagai panutan bagi masyarakat umum.

“Saya ke sini bukan hanya bersilaturahmi dengan masyarakat, namun bagaimana aspirasi masyarakat bisa terserap dan jadi prioritas di kegiatan BOLING ini,” tambah Iwan.

Pemadanan NIK menjadi NPWP dilakukan dalam 4 langkah melalui pajak.go.id. Yang pertama login, lalu klik tab profil, klik validasi dan klik ubah profil.

Bagi wajib pajak yang lupa EFIN dapat mengajukan secara daring melalui twitter @kring_pajak atau nomor whatsapp KPP yang tersedia di pajak.go.id/daftar-unit-kerja.

Lucia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kepatuhan pelaporan SPT Tahunan, serta pemadanan NIK menjadi NPWP mendukung satu data Indonesia. (adv)

Editor : Yosep