25 radar bogor

Dua Kantor Kelurahan di Kota Bogor Rusak Parah, Atapnya Bolong

Kondisi atap kantor kelurahan di Kota Bogor yang terlihat memprihatinkan. (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dua kantor kelurahan di Kota Bogor dalam kondisi sangat tidak layak. Itu diungkapkan Komisi I DPRD Kota Bogor saat mengunjungi langsung kantor Kelurahan Ciwaringin dan Kelurahan Sempur.

Kondisi bangunan mengalami kerusakan sangat parah di beberapa sudutnya.


Ketua Komisi I DPRD Kota Bogor, Heri Cahyono mengatakan, kondisi kerusakan yang dialami oleh kantor Kelurahan Ciwaringin sangat parah.

Atap yang mengalami kebocoran dan tidak pernah diperbaiki, sangat mengganggu proses pelayanan dan kerja para aparatur di kelurahan.

“Kita menyaksikan bahwa fasilitas kantor kelurahan ciwaringin kurang memenuhi persyaratan pelayanan kepada masyarkat Ciwaringin,” ujar Heri.

Pria yang akrab disapa HC ini berjanji akan mendorong adanya belanja barang di APBD Perubahan 2023. Hal tersebut guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

“Mudah-mudahan jika sudah diperbaiki pelayanan kepada msayakarat bisa maksimal dan kinerja pelayanan bisa maksimal,” ungkap Heri.

Kantor Kelurahan Sempur tidak kalah menyedihkan. Kerusakan berupa ambrolnya eternit atau plafon di ruang pelayanan, aula, dan ruang kerja lurah.

Wakil Ketua Komisi I, Anna Mariam Fadhilah, menilai, seharusnya kantor kelurahan menjadi wajah dari pelayanan dari pemerintahan Kota Bogor. Sebagai garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat, sudah sepatutnya kantor kelurahan memiliki bangunan yang representatif.

“Kami ingin warga yang datang kesini mendapatkan pelayanan yang nyaman dan pihak kelurahan bisa memberikan pelayanan dengan maksimal,” tegas Anna.

Lebih lanjut, Anna menilai kondisi yang dialami oleh Kantor Kelurahan Sempur semakin mempertegas bahwa tidak ada pemerataan pembangunan dan pemeliharaan terhadap aset-aset yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Bogor.

Untuk itu, perlu adanya perencanaan secara menyeluruh terkait pengelolaan dan pemeliharaan aset yang sudah ada.


Anna pun berjanji akan meminta TAPD Kota Bogor untuk memprioritaskan anggaran revitalisasi kelurahan pada APBD Perubahan 2023.

“Tentu pemeliharaan aset ini sangat penting dan kami komisi I akan meminta kepada BKAD Kota Bogor untuk segera melakukan pendataan dan melakukan perbaikan. Terutama untuk kelurahan yang masih belum memiliki kantor,” pungkasnya.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto