25 radar bogor

Besok, Beam Beroperasi Lagi di Kota Bogor

Sepeda listrik milik PT Beam yang terparkir di Jalur SSA. Sofyansyah/Radar Bogor
Sepeda listrik milik PT Beam yang terparkir di Jalur SSA. Sofyansyah/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali memberikan izin sepeda listrik, PT Beam kembali dapat beroperasi. Rencananya, sepeda listrik yang memiliki ciri khas warna ungu itu akan kembali mengaspal di wilayah Kota Bogor pada, Sabtu (25/2).

Hal itu seperti diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Eko Prabowo. Ia mengaku izin operasional diberikan setelah Pemkot Bogor melalui Dishub melakukan rapat evaluasi bersama dengan Jajaran Polresta Bogor Kota, baru-baru ini.

“(Berdasarkan hasil rapat) disepakati Sabtu 25 Februari 2023 sepeda Beam kembali beroperasi,” kata pria yang kerap disapa Danjen itu.

Sedangkan, untuk jam ooerasional sepeda listrik tersebut dibuka pada pukul 05.00 hingga 21.00 WIB.

Meski begitu, ia menekankan beberapa hal yang harus dipenuhi. Salah satunya, pemasangan label atau stiker yang menandakan operasionalnya ada di lokasi mana.

“Jadi tidak boleh keluar jalur lokasi berdasarkan stiker,” imbuh Danjen.

Kemudian, ia juga meminta agar PT Beam melakukan pengawasan dan pengendalian operasionalnya secara ketat dan teratur.

Selain izin operasional, keberadaan Beam saat ini juga bakal disebar di setiap kecamatan yang ada di Kota Bogor. Setiap pengelola akan menaruh 50 unit kendaraan.

Danjen menegaskan, kebijakan itu dilakukan dengan mengacu pada aturan Permenhub nomor 45 tahun 2020 tentang kendaraan tertentu dengan menggunakan penggerak motor listrik.

Mantan Kasatpol PP itu juga mengimbau agar masyarakat dapat kebih tertib dan menjaga keselamatan saat menggunakan sepeda listrik tersebut.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto