25 radar bogor

Perpustakaan Polbangtan Bogor Raih Akreditasi A Kategori Perguruan Tinggi

Polbangtan Bogor mendapat Akreditasi A untuk perpustakaan
Polbangtan Bogor mendapat Akreditasi A untuk perpustakaan

DEPOK – RADAR BOGOR, Perpustakaan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, mendapat akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpustakaan Polbangtan Bogor berhasil mendapatkan akreditasi A untuk kategori perpustakaan perguruan tinggi.

Penghargaan ini, disampaikan pada kesempatan Temu Teknis dan Workshop Pengelolaan Perpustakaan Mendukung Smart Library Kementerian Pertanian di Depok Senin (21/2/2023).

Kementerian Pertanian (Kementan), terus berupaya untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembangnya kaum intelektual pertanian. Salah satunya dengan menyediakan perpustakaan dengan akreditasi A. Kementan menilai hal ini sebagai langkah strategis dalam membangun budaya literasi di lingkungan kampus.

Avatar

Baca Juga:

Kenyot Yuks, Olahan Susu Murni Karya Mahasiswa Polbangtan Kementan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan perpustakaan memiliki peran penting dalam mengawal pembangunan pertanian Indonesia yang lebih maju, mandiri dan modern.

“Saya kira perpustakaan itu nilainya sangat tinggi karena ada tiga hal yang terakumulasi di sana. Pertama frame akademik intelektual, kedua manajemen sistem yang terukur dan ketiga referensi membangun perilaku manusia terutama bagi leadership,” ujar Mentan Syahrul.

Syahrul menambahkan, perpustakaan bahkan telah memberi frame akademik terhadap agenda intelektual para petani dan penyuluh. Informasi dan literasi melalui buku sangat penting bagi pengetahuan 40 juta petani di seluruh Indonesia. Utama nya bagi 82 ribu orang para penyuluh. Referensi pengetahuan itu nantinya akan menjadi rujukan dalam meningkatkan produktivitas.

Senada, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi mengungkapkan produktivitas pertanian tidak lepas dari peran penting SDM sebagai pelaku utama pembangunan pertanian.

“Berbicara mengenai produktivitas, berbicara mengenai pembangunan pertanian, berbicara mengenai pencapaian pertanian harus memprioritaskan SDM yang profesional, mandiri dan berdaya saing, serta berjiwa entrepreneurship yang tinggi,” tegas Dedi.

Untuk itu, seluruh perguruan tinggi lingkup Kementerian Pertanian terus berupaya meningkatkan kualitas SDM melalui perbaikan layanan. Salah satunya dengan mengajukan akreditasi perpustakaan. Khususnya bagi Polbangtan Bogor, akhir tahun 2022 lalu mengajukan re-akreditasi.

Direktur Standardisasi dan Akreditasi Perpustakaan Perpusnas RI, Supriyanto menjelaskan Polbangtan Bogor telah melewati serangkaian kegiatan proses pengakuan formal, oleh Perpustakaan Nasional yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan.

“Dengan akreditasi, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat (pemustaka) terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan”, ujar Supriyanto.

Dengan capaian ini, Direktur Polbangtan Bogor, Syaifuddin menyatakan keseriusannya untuk menciptakan budaya literasi bagi para milenial muda pertanian, khususnya mahasiswa jurusan pertanian dan peternakan.

“Budaya membaca itu perlu, dan saya sangat bangga dengan pencapaian tim perpustakaan Polbangtan Bogor yang telah berupaya dan bekerja keras mewujudkan kualitas layanan perpustakaan yang baik dan berkualitas untuk menunjang pembelajaran mahasiswa”, ungkap Syaifuddin bangga. (adv)

Pewarta: Ardianinda Wisda
Sumber: Polbangtan Bogo