25 radar bogor

Pemkab Bogor Akui Sulit Mengatasi Kemacetan Jalur Dramaga

Kendaraan mengantre di sepanjang jalur lingkar Dramaga. Kemacetan menjadi pemandangan yang kerap dijumpai di sekitar Dramaga. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

DRAMAGA-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor masih kewalahan mengatasi soal kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Bogor Barat. Sebaliknya, keberadaan jalan lingkar yang sedianya menjadi alternatif malah menambah titik baru macet.

“Tidak adanya jaminan untuk macet akan selesai. Mmakanya yang bagus ada alternatif yang mengurai kemacetan, tinggal mungkin ke depan adanya pelebaran,” ungkap Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan.


Iwan mengakui, saat ini yang bisa digunakan oleh Pemkab Bogor adalah jalan milik Provinsi atau Nasional.

“Kami tidak bisa melebarkan, mungkin alternatif ada upaya bahkan membuat sodetan,” tambahnya.

Menurutnya, hal itu sudah terbukti di kawasan Dramaga dan Ciampea yang dianggapnya sudah bisa menyambungkan jalur. Tersisa, mencari titik alternatif lainnya sebagai pengurai kemacetan.

“Terkait jalan lingkar tahap 2 sudah ada gambarnya dan mungkin akan ada lanjutannya,” kata iwan.

Bagi Iwan, masalah macet di semua wilayah hampir sama. Tak terkecuali, kawasan Puncak yang harus memakai jalur alternatif sebagai pengurai kepadatan jalur.

“Dilebarkan pun bukan sebagai jaminan Tapi, adanya alternatif minimal bisa mengurai lalu lintas di wilayah Dramaga,” katanya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto