25 radar bogor

Harga Kebutuhan Pokok Naik, Pemkab Bogor Gelar Pangan Murah

Warga antusias membeli sembako murah di Kelurahan Karadenan, Cibinong, Kamis (23/2). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Menindaklanjuti naiknya harga kebutuhan pokok, Pemkab Bogor membuat gerakan Gelar Pangan Murah (GPM) di Kantor Kelurahan Karadenan, Cibinong. Bazar ini menyediakan berbagai kebutuhan pokok seperti minyak, beras dan lainnya dengan harga eceran tertinggi (HET).


Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, gerakan GPM merupakan tindaklanjut dari hasil temuan dari kunjungannya di Pasar Cibinong pada Senin, (20/2) lalu.

“Hari ini kami melaksanakan GPM bekerja sama dengan distributor, untuk menyediakan berbagai kebutuhan bahan pokok dengan harga yang layak,” ucapnya pada Kamis, (23/2).

Kepada para distributor minyak goreng Minyakita, Iwan meminta untuk berpartisipasi dalam gerakan ini dengan menyediakan minyak goreng dengan HET.

Menurutnya, pemerintah telah mengatur HET Minyakita berada di angka Rp14 ribu. Itulah yang dia tekankan ke para distributor untuk memberikan harga sesuai HET ke masyarakat.

“Kami terus berkoodinasi dengan camat, mungkin nanti gerakan ini juga dilakukan di kecamatan lain yang penduduknya padat,” kata Iwan.

Dari hasil penelusurannya, akibat sempat naiknya harga MinyaKita di disebabkan pendistribusiannya yang belum masif ke daerah. Namun kini dia telah pastikan pengiriman minyak goreng dari provinsi ke Kabupaten Bogor terus berjalan.


“Selain operasi pasar dengan masyarakat langsung, kami juga akan mengontrol bagaimana pendistribusian Minyakita ini kepada pedagang-pedagang retail yang di pasar, kami akan pantau jangan sampai ada kenaikan di distributor kepada pedagang pasar,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto