25 radar bogor

Cigombong Diterjang Longsor, Tiga Rumah Warga Rusak 

Cigombong
Kondisi rumah warga di Kampung Cihateri, RT 05/05, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, yang rusak diterjang longsor, Minggu (19/2/2023).

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari ini, menyebabkan bencana longsor di Kampung Cihateri, RT 05/05, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Tiga rumah warga dilaporkan rusak diterjang longsor.

Ajat, salah satu korban longsor mengatakan, kondisi rumahnya rusak parah. Kata dia, longsor terjadi pada Minggu (19/2/2023) saat hujan deras mengguyur kawasan Cigombong.

Hingga saat ini, dirinya tinggal di saung perkebunan milik orang lain. Karena ia belum memiliki tempat untuk mengungsi. “Istri sama anak sementara tinggal di rumah mertua, sedangkan saya masih di tenda,” paparnya kepada Radar Bogor Rabu (22/2/2023).

Avatar

Baca Juga:

Libur Nataru, Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak Dibuka Gratis

Ia berharap ada bantuan dari pemerintah, untuk mendapatkan tempat tinggal sementara yang layak. “Kita berharap seperti itu,” ujarnya.

Sementara itu, Sekcam Cigombong Yedi memaparkan, Muspika Kecamatan Cigombong sudah meninjau lokasi longsor. Ada tiga rumah yang terdampak longsor. Yakni milik Abdul Rohim, Ajat dan Ajum.

“Saat ini, mereka sudah mengungsi sementara ke rumah kerabatnya,” kata Sekcam Yedi kepada Radar Bogor Rabu (22/2/2023).

Sementara itu, untuk mengantisipasi longsor susulan, di tiga rumah tersebut sudah dipasang pasak bambu juga terpal. “Saat ini cuaca masih sering diguyur hujan,” paparnya.

Perihal tempat tinggal sementara, kata dia, saat ini sudah dilaporkan ke dinas perumahan. “Untuk kontrakan sementara, pemerintah desa akan memberikannya,” tutur Yedi.

Yedi juga mengimbau agar masyarakat Cigombong untuk selalu waspada dan siaga. terlebih saat ini hujan dengan intensitas lebat masih sering terjadi.

“Kami himbau untuk siaga dan waspada. Jika ada peristiwa bencana alam, bisa langsung lapor ke kami agar segera mendapatkan penanganan,” tukasnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep