25 radar bogor

Anaknya Pelaku Kekerasan, Kekayaan Pejabat Ditjen Pajak Menyaingi Sri Mulyani

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rafael Alun Trisambodo, menjadi bulan-bulanan di media sosial. Kekayaannya sebagai pejabat negara dianggap sangat berlebihan, bahkan menyaingi menterinya sendiri.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2021, ia membukukan kekayaan Rp51 miliar. Sementara, jumlahnya meningkat pada tahun 2022 menjadi Rp56 miliar.


Dalam LHKPN itu, Kepala Bagian Umum Kanwil Ditjen Pajak Jakarta Selatan II itu memiliki 11 bidang tanah yang tersebar di sejumlah kota. Di antaranya Sleman, Manado, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan. Totalnya ditaksir mencapai Rp51,9 miliar.

Selain tanah, pejabat eselon III itu juga memiliki dua unit mobil. Anehnya, dalam LHKPN, pejabat tersebut tidak mencantumkan mobil Rubicon yang dibawa oleh anaknya.

Hanya mobil sedan Toyota Camry senilai Rp125 juta dan Toyota Kijang senilai Rp 300 juta yang dicantumkan dalam LHKPN tersebut.

Harta bergerak lainnya senilai Rp420 juta, kas dan setara kas senilai Rp1,3 miliar, serta harta lainnya senilai Rp419 juta. Total harta mencapai Rp56 miliar.

Jumlah kekayaan itu menjadi sorotan warganet. Pasalnya, kekayaan itu dianggap tak masuk akal. Apalagi, angkanya menyaingi total kekayaan Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang merupakan atasannya sendiri.

Seperti diketahui, kekayaan Sri Mulyani dilaporkan berkisar Rp58 miliar.

Meski begitu, Sri Mulyani juga telah mengeluarkan pernyataan resmi atas gaya hidup mewah yang ditunjukkan keluarga dari pejabatnya.

“Kemenkeu mengecam tindakan kekerasan dan penganiayaan yang dilakukan dan mendukung penanganan hukum secara konsisten oleh instansi yang berwenang,” ungkapnya.

Dirinya mendukung Inspektur Jenderal atau Irjen Kemenkeu untuk menyelidiki jajarannya yang diduga melanggar aturan. Menurut dia, Kemenkeu konsisten menjaga integritas seluruh jajaran.

Anak pejabat tersebut, Mario, kini ditetapkan tersangka oleh pihak kepolisian. Itu setelah dirinya mengeroyok seorang pemuda lainnya, David, Senin (20/2) lalu.


Mario yang mengendari mobil Jeep Rubicon mendatangi korban ke rumahnya. Korban kemudian diangkut menggunakan mobil tersebut dan langsung dibawa ke gang sepi.

Korban mengalami luka serius hingga dilarikan ke Rumah Sakit Medika dan sempat mengalami koma. (*/mam)