25 radar bogor

Turki Kembali Diguncang Gempa, Tiga Tewas, 200 Orang Terluka

Gempa Turki
Turki kembali diguncang gempa Senin (20/2/2023) malam. Gempa kali ini berkekuatan M 6,4.

TURKI-RADAR BOGOR, Wilayah Turki kembali diguncang gempa bumi susulan berkekuatan M 6,4 pada Senin (20/2/2023) malam sekira pukul 20.40 waktu setempat. Akibat gempa bumi susulan itu, sedikitnya tiga orang tewas dan lebih dari 200 orang terluka.

Menteri Dalam Negeri Turki, Süleyman Soylu menuturkan, gempa susulan berkekuatan M 6,4 terjadi ketika tim darurat masih merespons bencana gempa bumi dua minggu lalu, yang menewaskan hampir 45 ribu orang di Turki dan Suriah serta menelantarkan sekitar satu juta orang.

Dilansir dari laman NPR, pihak berwenang Turki mengatakan, gempa hari Senin (20/2/2023) terjadi sekitar pukul 20.00 malam waktu lokal.

Avatar

Baca Juga:

Proteo, Anjing Penyelamat yang Gugur saat Mencari Korban Gempa Turki

Gempa Senin, juga mengguncang Suriah, di mana kelompok penyelamat melaporkan cedera akibat puing-puing yang berjatuhan.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan, sedikitnya enam orang terjebak ketika beberapa bangunan runtuh pada Senin (20/2/2023). Sedangkan yang tewas berasal dari Kota Antakya, Defne dan Samandag.

Penyiar publik Turki TRT menyiarkan, rekaman langsung dari kru penyelamat yang beroperasi di sebuah bangunan yang runtuh di Kota Antakya, salah satu kota yang paling parah dilanda gempa.

Dikatakan, warga sedang memulihkan barang-barang dari bangunan mereka, rusak ketika runtuh setelah tanah berguncang lagi pada hari Senin.

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan setidaknya satu orang telah diselamatkan dari reruntuhan. “Jangan memasuki bangunan yang rusak,” kata Oktay dalam pernyataan yang disiarkan televisi.

“Pikirkan kerabat Anda, orang yang Anda cintai, pasangan Anda. Pikirkan bangsa Anda. Jangan khawatirkan barang-barang Anda, barang-barang itu bisa diganti,” tegasnya.

Gempa tersebut juga dirasakan di Gaziantep, sekitar 100 mil dari Antakya. Alun-alun kota dipenuhi oleh warga yang bergegas keluar dari rumah mereka. (net/dis)

Editor : Yosep