25 radar bogor

Terbesar se-Indonesia, Pantarlih Kabupaten Bogor Didominasi Usia Muda

Illustrasi Foto, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia mengungkapkan adanya dugaan pelanggaran prosedur terkait pengiriman surat suara melalui pos kepada pemilih di Taipei, Taiwan.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 14.952 Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor tengah melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih Pemilu 2024.


Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengatakan, jumlah tersebut merupakan jumlah pantarlih terbesar se-Indonesia. Menariknya, pantarlih ini didominasi oleh usia muda.

“Kita sedikit berbeda dengan sebelumnya, kita membuka rekruitmen pendaftaran mandiri. Kalau dulu mungkin PPS banyak menunjuk RT RW, karena sekarang mandiri, ternyata dari 14 ribu pantarlih, 75 persen merupakan anak muda,” ucapnya dalam Podcast Radar Bogor, Selasa (21/2).

Menurutnya, hal ini menjadi semangat bahwa masih banyak anak muda yang ingin menjadi penyelenggara Pemilu.

Dengan kondisi fisik yang masih prima, serta kesadaran teknologi yang lebih cepat, anak-anak muda diharapkan mampu membantu KPU menjadi agen terdepan dalam penyelenggaraan pemilu.

“Ternyata update progres kerjanya luar biasa. Hampir 75 persen sudah menyelesaikan sebelum satu bulan, bahkan sudah ada yang selesai,” terang Ummi.

Di samping itu, kata Ummi, ini juga sekaligus sebagai pendidikan politik bagi generasi muda, dan salah satu cara mensosialisasikan setiap tahapan pemilu.

Dengan total 15 ribu TPS, KPU Kabupaten Bogor sendiri telah merekrut kurang lebih 135 ribu orang untuk petugas KPPS.


Ummi berharap, petugas pantarlih turut membantu petugas KPPS pada pelaksanaan pemilu ke depan petugas yang mengusai data pemilih.

“Ini menjadi sebuah pengalaman bagi teman-teman muda untuk berkontribusi menjadi penyelenggara pemilu,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto