25 radar bogor

Pemilih Pemula Kota Bogor Diprediksi Capai 18 Ribu Orang

Ilustrasi urus dokumen kependudukan
Pembuatan KTP elektronik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor memprediksi jumlah pemilih pemula dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Kota Bogor mencapai 18.105 orang.


Jumlah pemilih pemula itu masuk kategori sebagai pemegang hak pilih atau sudah berusia 17 tahun pada saat Pemilu 2024 dilaksanakan, tepatnya 14 Februari 2024 mendatang.

“Berdasarkan data yang ada di dalam SIAK Terpusat, target kita ada kurang lebih sekitar 18 ribuan pemilih pemula yang harus direkam,” kata Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan, Selasa (21/2).

Menurut dia, pemilih pemula tersebut berada di rentang usia 16 tahun atau mendekati 17 tahun. Artinya, pada saat menjelang Februari 2024 itu mereka sudah berusia 17 tahun dan harus sudah punya KTP.

Ganjar menjelaskan, saat ini dari 18.105 pemilih pemula yang ada di Kota Bogor, baru sebanyak 3 ribu orang yanh sudah menjalani perekaman.

Untuk memastikan mereka semua bisa menyalurkan hak pilih, Disdukcapil Kota Bogor akan terus mobile dan berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk melakukan perekaman.

“Kekurangan-kekurangan ini di tahun 2023 ini kita akan maksimalkan, terutama memang menghadapi Pemilu 2024,” ucap dia.


Ia berharap, seluruh warga Kota Bogor yang telah memenuhi syarat harus melakukan perekaman KTP sejak sekarang. Dengan begitu, hak politiknya tidak akan hilang pada saat Pemilu 2024.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto