25 radar bogor

Besok, U-Turn Jalan Tol Jagorawi Mulai Dibeton

U-Turn Tol Jagorawi
U-Turn Tol Jagorawi yang rusak mulai diperbaiki oleh Dinas PUPR Kota Bogor. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor bakal melakukan betonisasi u-turn (putaran) di ruas Jalan Tol Jagorawi mulai besok, Rabu (22/2) malam.


Sekretaris Dinas PUPR, Rena Da Frina mengatakan, pengecoran dilakukan untuk memperbaiki rusaknya jalan di kawasan tersebut. Ia menuturkan pihaknya susah terlebih dahulu membuat saluran air untuk mencegah munculnya genangan yang menjadi penyebab kerusakan.

“Biasanya air menggenang di area itu. Kami lakukan penggalian dan buatkan saluran air. Karena selama ini memang tidak terkoneksi dengan saluran air,” terangnya saat dikonfirmasi Radar Bogor, Selasa (21/2).

Ia menjelaskan, proyek perbaikan dilakukan dengan 2 tahap dan bergantian. Hal itu dilakukan agar para pengendara tetap dapat melintas selama perbaikan berlangsung. Perbaikan yang sudah dimulai pihaknya sejak Kamis (16/2) pekan lalu itu ditargetkan rampung pada pekan depan.

“Apabila sisi yang saat ini dikerjakan selesai maka ruas jalan sudah bisa digunakan kembali pada Jumat (24/2). Kami tinggal mengerjakan sudut seberangnya yaitu pembuatam sambungan terusan saluran airnya saja,” tutur dia.

Rena menjelaskan, ruas jalan itu sebetulnya berada di bawah kemenangan pihak Jasamarga. Namun, karena bukan digunakan oleh pengguna tol mereka tidak bisa melakukan intervensi.

Tak ingin berlarut-larut, Dinas PUPR akhirnya memutuskan untuk memperbaiki ruas jalan ini dengan seizin pihak Jasamarga.

“Sebelum perbaikan kami ada pertemuan antara Kementerian PUPR, Jasamarga, Dinas Perhubungan, dan Satlantas Polresta Bogor Kota,” imbuh Rena.


Ia mengungkapkan ke depan akan ada rapat lanjutan yang membahas soal penyerahan aset u-turn tersebut dari Jasamarga ke Pemerintah Kota Bogor.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto