25 radar bogor

Antisipasi Gesekan Jelang Pilkades, Camat Rutin Gelar Rakor

Pihak Kecamatan Nanggung rutin menggelar rapat koordinasi dengan calon kepala desa (cakades) dan panitia serta unsur Polsek dan Koramil. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

NANGGUNG-RADAR BOGOR, Pihak Kecamatan Nanggung rutin menggelar rapat koordinasi dengan calon kepala desa (cakades) dan panitia serta unsur Polsek dan Koramil. Itu untuk mengantisipasi kerawanan dan gesekan menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Curug Bitung.

“Rakor ini sudah dua kali dilakukan. Tujuannya untuk memastikan bahwa tahapan itu sesuai dengan regulasi. Kalau ada yang keluar dari itu, harus berdasarkan hasil musyawarah,” ucap Camat Nanggung, Ae Saepulloh.


Rakor sekaligus menjadi bagian ajang silaturahmi dan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Memang sejauh ini tidak ada gesekan dan bisa dibuktikan calon sekarang sudah beberapa kali bertemu untuk diskusi. Bagaimana caranya pesta demokrasi berjalan sukses tanpa ekses,” kata Ae.

Ia mengakui, pengawasan tidak bisa hanya memantau atau mendengar sejauh mana tahapan dilaksanakan. Namun, ia juga perlu turun ke lapangan.

“Untuk Kecamatan Nanggung, satu Desa Curug Bitung sekitar 17 TPS dan pemantauan dilakukan dari petugas kecamatan, Polsek, dan Koramil,” cetusnya.

Saat pelaksanaan, data pengelolaan hasil Pilkades akan dipusatkan di Kecamatan Nanggung.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto