25 radar bogor

Warga Demo Kantor Desa Tajurhalang, Desak Akomodir Asan Umar

Demo warga di Desa Tajurhalang

TAJURHALANG-RADAR BOGOR, Warga pendukung Asan Umar, mendesak Panita Pilkades Tajurhalang, Kabupaten Bogor, mengakomodir Asan Umar menjadi balon kades. Jika tidak dikabulkan warga meminta panitia dibubarkan atau tunda pilkades.

Ketua LSM Peduli Rakyat Bogor (PRB) Johan Pakpahan,  mengatakan, Panitia Pilkades Tajurhalang agar mempertimbangkan Asan umar untuk diakomodir jadi Balon Kades 2023.

“Ini bisa menjadi sejarah buruk di Desa Tajur Halang kalau panitia ngotot mengugurkan Asan Umar, padahal hasil verifikasi Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, menyatakan sah dan harus diuji kebenaranya. Panitia terlalu dini menggugurkan sehingga memicuh marah dan demonstrasi warga ke desa,” katanya.

BACA JUGA : Gugurkan Bakal Calon Kades, Panitia Pilkades Tajurhalang Dilaporkan PRB

Warga pendukung Asan Umar mengecam, jika tidak direspon panitia akan ada demo lebih besar lagi. Johan juga minta Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan, agar merspon peristiwa di Desa Tajurhalang itu.

Sebelumnya, PRB melaporkan panitia Pilkades Tajurhalang, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor. Hal ini setelah panitia Pilkades menggugurkan bakal calon kepala desa bernama Asan Umar.

Berdasarkan pengumuman panitia Pilkades Desa Tajurhalang nomor 022/Peng/Pan-Pilkades/I/2023 Asan Umar tak lolos karena keabsahan administrasi berupa ijazah sekolah dasar (SD) yang bersangkutan.

Ketua Panitia Pilkades Tajurhalang Asmayanti, ketika dikonfirmasi, mengaku tak gentar dengan laporan PRB.

Menurutnya, tindakan yang diambil pihaknya menggugurkan bakal calon kepala desa bernama Asan Umar, sudah sesuai dengan prosedur dan hasil verifikasi.

“Dalam hal ini, tidak ada satupun pihak yang mempengaruhi keputusan kami, baik camat maupun yang lain, ini murni karena hasil verifikasi yang panitia lakukan,” tegas Asmayanti. (unt)

Editor : Yosep