25 radar bogor

Pemkot Luncurkan CoE 2023, Berikut Daftar Event di Kota Bogor

CoE 2023
Launching CoE 2023 yang dimotori Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), di IPB International Convention Center (IICC), Mal Botani Square, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Jumat (17/2/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meluncurkan Calender of Event atau CoE 2023 dengan tagline #LEBIHSERUDIKOTABOGOR.

Launching CoE 2023 yang dimotori Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) ini, dilaksanakan di IPB International Convention Center (IICC), Mal Botani Square, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Jumat (17/2/2023).

Secara simbolis launching, CoE Kota Bogor tahun 2023 dilakukan Wali Kota Bogor, Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah dan Kepala Disparbud Kota Bogor, Iceu Pujiati dengan menekan tombol pada layar yang kemudian disambut dengan penampilan dari para penyanyi dan penari.

Avatar

Baca Juga:

Strategi Camat Baru Benahi Bogor Tengah : Tiap Hari Kunjungi Satu RW, Petakan Masalah dan Potensi

Jumlah event yang masuk dalam CoE 2023 ini mengalami penambahan, dari semula di tahun 2022 hanya 37 event, saat ini bertambah menjadi 41 event.

Wali Kota Bogor, Bima Arya memberikan selamat dan apresiasi atas kegiatan yang setiap tahun ini bertambah keren.

“Terkurasi dengan baik para penarinya, dan lagu-lagunya semua OK. Saya selalu memperhatikan secara detail, bagus, saya paling suka lagu daerah khas Aceh Bungong Jeumpa, ditampilkan dengan sangat bagus,” kata Bima Arya saat memberikan sambutan.

Meski begitu, Bima Arya juga memberikan catatan agar peluncuran CoE 2023 dilakukan lebih awal sebelum memasuki tahun atau di awal tahun.

Ia berharap, CoE 2023 ini tidak hanya dilaksanakan di Kota Bogor, juga di berbagai Kota di Indonesia, dengan kemasan promosi yang lebih keren dengan dukungan foto-foto, video dan tampilan yang atraktif untuk menarik minat berkunjung ke Kota Bogor.

“Karena ada tiga hal yang sangat menentukan suksesnya pariwisata. Satu adalah atraksi, atraksi bisa culture, nature, handmade. Kultur kita banyak, tinggal di poles, nature kita ada Kebun Raya, tapi handmade inilah yang membutuhkan kreativitas kita,” ujarnya.

Selanjutnya, adalah fasilitas pendukung seperti kantong parkir, tempat ibadah, kuliner dan sebagainya. Konsep 3A selanjutnya dalam pengembangan wisata adalah, aksesibilitas untuk memastikan lokasi acara bisa dijangkau dengan transportasi umum dan dekat dari sarana transportasi.

Bima Arya juga menekankan agar keberadaan CoE 2023 ini juga bisa menyerap tenaga kerja atau SDM dari dalam Kota Bogor. “Semoga ke depan siapapun walikotanya Kota Bogor bertambah meriah, untuk kemaslahatan Kota Bogor, untuk kebanggaan kita semua,” katanya.

Secara keseluruhan, ada 41 event yang masuk dalam CoE 2023 yang dibagi dalam tiga kategori, yakni carnaval, sport tourism dan festival.

Kepala Disparbud Kota Bogor, Iceu Pujiati mengatakan, CoE 2023 Kota Bogor merupakan perkumpulan event yang memiliki tujuan, di antaranya meningkatkan kunjungan pariwisata, kemudian meningkatkan kunjungan ke kota Bogor, dan meningkatkan perekonomian kota Bogor.

“Tentunya kalender ini juga dilakukan kurasi sehingga betul-betul kegiatan festival yang masuk didalamnya betul mempunyai daya ungkit yang besar bagi tamu, atau wisatawan yang berkunjung ke kota Bogor,” kata Iceu.

Berikut Daftar Event Unggulan yang masuk CoE 2023 #LEBIHSERUDIKOTABOGOR : 

  1. Bogor street Festival Cap Go Meh,
  2. Swaraya
  3. Festival Bunga dan Buah Nusantara
  4. Jabar 10K
  5. Milo Activ Indonesia Race 2023
  6. Helaran
  7. Festival Merah Putih
  8. Festival Kuliner Kampung Wisata
  9. Rekayasa Pasar
  10. Kreatif
  11. Festival Sayang Anak
  12. Festival Komunitas Bogor
  13. Bocimi 2023
  14. Diwali Festival
  15. Bursa Kerja Raya Tahun 2023
  16. Sinemataman
  17. Ngumbah Tugu Kujang
  18. Kemasan Seni Pertunjukan,
  19. pekan kebudayaan Kota Bogor
  20. Pasanggiri Mojang Jajaka 2023
  21. Biennale Wedding Fair 2023
  22. Senang-senang Festival
  23. Festival Kebun Raya
  24. Taman Hari Raya
  25. Festival Pencak Silat Seni Tradisi
  26. Bazar Kebun Raya
  27. Love Story Wedding Expo 2023
  28. Bogor City Trail 2023
  29. Bogoria 2023
  30. Tour D West Java Bandung-Bogor
  31. Wisata Taman
  32. Threeformation
  33. pemilihan duta baca Kota Bogor

(adv)

Editor : Yosep