25 radar bogor

Lapangan Mini Soccer Kota Bogor, Tarif Sewa Berpeluang Turun

GOM Manunggal
Warga berolahraga di lapangan mini soccer GOM Taman Manunggal, Kota Bogor. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Besaran tarif untuk menyewa tiga lapangan yang baru diresmikan pada akhir 2022 masih terus digodok. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor tengah membuat kuiesioner terkait kemampuan klub lokal sepak bola untuk menyewa lapangan.


“Kita mau tambah variabel kemampuan klub lokal untuk menyewa lapangan. Nanti hasilnya kita analisis,” beber Kepala Dispora Kota Bogor, Herry Karnadi, Senin (20/2).

Heri menerangkan, kuesioner itu usulan Wali Kota Bogor untuk menambah variabel dalam penentuan tarif Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) di Bogor Utara dan Bogor Selatan.

“Kemarin baru dua variabel yang udah kita analisis. Variabel pemeliharaan dan variabel perbandingan dengan stadion lain yang sejenis. Kemudian kita tambah lagi kajiannya,” ucap dia.

Setelah kajian dengan penambahan satu variabel, pihaknya tengah menghitung seberapa besar tarif idealnya. Besaran tarif yang diusulkan minimal Rp500 ribu dan tarif maksimalnya Rp1 juta per dua jam. Tarif ini nantinya hanya berlaku untuk penggunaan lapangan bola atau mini soccer dengan rumput sintetis.

“Kemarin disampaikan angkanya itu Rp500 ribu. Tapi, itu baru dilihat dari dua variabel tadi. Kalau dilihat dengan lapangan sejenis lain memang harga Rp500 ribu itu jauh banget (lebih murah). Di Lapangan Asiop Sentul atau di Pancoram Soccer Field itu Rp2 juta per dua jam,” sambung Heri.

Mantan Kasatpol PP Kota Bogor itu menilai usulan tarif sebesar Rp500 ribu dibuka ke publik sempat menuai pro dan kontra dari masyarakat.

“Makanya Pak Wali bilang minta kajiannya ditambah dan diperdalam lagi. Mungkin bisa saja turun. Kita teliti lagi dan memang sedikit memungkinkan untuk sedikit turun,” terang Heri.


Heri menyebutkan, tarif yang dibebankan tersebut sebenarnya dilakukan agar memberikan rasa tanggung jawab bagi para penyewa. Revenue atau pendapatan yang dihasilkan akan dimanfaatkan untuk pemeliharaan lapangan.

Tiga lapangan mini soccer yang akan dikenai tarif yakni GOM Bogor Utara, GOM Bogor Selatan, dan Taman Manunggal.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto