25 radar bogor

Silaturahmi Akbar Kabupaten Bogor, Biaya Haji Naik jadi Rp49,8 Juta

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menghadiri silaturahmi akbar jemaah haji di Cibinong, Sabtu (18/2). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Arsyad Hidayat turut menghadiri silaturahmi akbar Jemaah Haji Kabupaten Bogor di Cibinong, Sabtu (18/2) lalu.


Ia pun mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Forum Komunikasi Bimbingan Ibadah Haji Umroh (KBIHU) Kabupaten Bogor ini. Ia sekaligus berharap bisa dilakukan di wilayah kabupaten dan kota lainnya.

“Saya kira ini momen yang bagus. Jemaah saling bertaaruf saling memahami. Saya kira momennya untuk bercerita informasi tentang kehajian ataupun kaitan dengan manasik haji dari narasumber,” ucapnya.

Di kesempatan itu, pihaknya juga memberikan informasi mengenai besaran Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) Tahun 2023.

Untuk diketahui, biaya haji tahun 2023 naik menjadi Rp49,8 juta. Angka ini naik Rp10 juta dibandingkan tahun 2022 yang hanya sebesar Rp39,8 juta.

Menurut Arsyad, keputusan itu berdasarkan kesepakatam antara pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama dengan DPR RI.

“Artinya di situlah start secara resmi walaupun sebenarnya dari forum komunikasi bimbingan haji sudah jauh lebih dulu untuk melakukan pertemuan-pertemuan khususnya dengan bimbingan manasik,” jelasnya.

Dirinya berharap, calon jemaah haji memahami betul mengenai kebijakan kenaikan BPIH yang belakangan ini dikelirukan masyarakat.


“Yang disebut dengan biaya haji itu kan komponennya ada biaya-biaya yang dibayarkan oleh jemaah dan ada juga yang diambil dari nilai manfaat. Dan saya kira ini momen yang pas dan tepat untuk kita menyosialiasasikan,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto