25 radar bogor

3.421 Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Bogor, Terbanyak di Indonesia

Ilustrasi. Sejumlah calon jemaah haji di Kabupaten Bogor saat pelepasan di Gedung tegar Beriman, Cibinong. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebanyak 3.421 calon jemaah haji asal Kabupaten Bogor akan bertolak ke tanah suci tahun 2023 ini. Berbagai persiapan dilakukan para jamaah agar dapat berjalan lancar saat menjalankan ibadah rukun islam yang kelima.


Ketua Forum Komunikasi Bimbingan Ibadah Haji Umroh (FK KBIHU) Kabupaten Bogor, Desi Hasbiyah mengatakan, para calon jemaah dibekali berbagai literasi terkait haji, sebelum melaksanakan pergi haji dalam waktu dekat ini.

“Karena minggu depan atau beberapa minggu ini kita akan menghadapi pelunasan haji, maka persiapannya selain fisik, mental, kemudian secara keilmuan, juga harus dipersiapkan secara keuangan,” ucapnya usai acara silaturahmi akbar jamaah haji Kabupaten Bogor di Cibinong, Sabtu (18/2).

Para calon jemaah, kata Desi, dibekali informasi dan pembinaan oleh narasumber dari Kementerian Agama, Direktur Bina Haji, dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Menurutnya, jumlah calon jamaah haji Kabupaten Bogor di tahun ini ada sebanyak 3.421 dari total daftar tunggu sekitar 76.000 orang atau 1,14 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Bogor.

“Artinya, jumlah jemaah haji se-Indonesia itu terbanyak dari masyarakat Kabupaten Bogor, luar biasa. Ini hitungan yang paling banyak se-Indonesia dengan total terbesar di Indonesia dan jumlah pendaftaran terbesar di Indonesia,” terang Desi Hasbiyah.

Pihaknya juga mengapresiasi Pemkab Bogor yang berencana memberikan lahan seluas 2 hektare untuk pelayanan dan pembinaan haji, umrah bagi warga Kabupaten Bogor.

“Tanahnya sudah kita survei daerah Bojong Koneng. Alhamdulillah mudah-mudahan bisa terwujud pelayanan haji dan umrah terpadu yang ada di Kabupaten Bogor,” harapnya.


Sementara itu, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan memastikan bakal terus meningkatkan sarana prasarana layanan haji. Hal itu agar terwujudnya pelayanan haji dan umrah terpadu di Kabupaten Bogor, serta mendorong terwujudnya Karsa Bogor Berkeadaban.

“Baik itu fasilitas proses manasik haji, proses pemberangkatan dan kepulangan, Pemda Bogor juga memfasilitasinya,” imbuhnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto