25 radar bogor

Sambut Musim Baru, OnePrix Ekspansi ke Luar Jawa 

OnePrix
OnePrix musim 2023 akan ekspansi ke luar Jawa. (IST)

JAKARTA-RADAR BOGOR,  PT OnePrix Motorsport Management (OMM) sebagai penyelenggara Kejuaraan Nasional Balap Motor OnePrix, menjanjikan sajian yang lebih semarak untuk gelaran kompetisi 2023. 

Tahun ini, untuk pertama kalinya, OnePrix akan mendatangi wilayah-wilayah di luar Jawa sebagai jawaban atas tingginya animo para pecinta balap tanah air.

Jadwal provisional yang dikeluarkan OMM bahwa Palangkaraya di Kalimantan Tengah, dan Musi Banyuasin (Muba) di Sumatera Selatan akan menjadi dua wilayah luar Jawa yang bertindak sebagai tuan rumah OnePrix.

Baca Juga : Sentul Kembali Tuan Rumah Oneprix Indonesia, Pembalap Asal Banten Sabet Juara

CEO OMM, Teuku Arlan Perkasa Lukman, optimistis dengan digelarnya OnePrix di luar Jawa akan semakin menjangkau masyarakat yang selama ini hanya menyaksikan lewat televisi. 

Menurutnya, ini merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan geliat industri olahraga motorsport di Indonesia.

“Kami melihat pertumbuhan ekonomi, dilihat dari kepemilikan sepeda motor yang jumlahnya lebih dari 50 persen penduduk Indonesia,” jelasnya dalam rilis yang diterima, Sabtu (18/2/2023).

 “Hal ini semakin mendekatkan OMM dengan visi untuk mendekat kepada para penggemar balap tanah air. Sekaligus berkontribusi terhadap industri olahraga, khususnya industri olahraga motorsport.”

Untuk lebih dekat dengan para penggemar balap motor bebek di tanah air, ekspansi tersebut juga merupakan langkah memaksimalkan potensi pariwisata daerah setempat. Dengan menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, OMM optimistis akan terjadi sinergi yang dapat memaksimalkan potensi tersebut.

“Jadi tidak hanya aspek field of play yang menjadi fokus utama, melainkan potensi-potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah tersebut juga akan bergeliat,” Arlan menambahkan. 

“Salah satu bentuk perhatian OMM adalah dengan memadukan ornamen dan corak lokal dalam setiap atribut penyelenggaraan. Mulaidari bentuk piala, start/ finish gate, hingga seragam panitia,” imbuhnya.

Selain itu, OnePrix juga akan mulai memaksimalkan potensi revenue dari aspek digital. 

Selain konten-konten kreatif yang mengangkat sisi lain dari balapan, penggunaan platform digital juga akan dimaksimalkan untuk keperluan penjualan tiket hingga pendaftaran peserta. 

Tidak ketinggalan, OnePrix juga mengincar sektor E-Sport yang saat inimasih dalam tahap pembahasan. Nantinya, akan ada satu customized simulation game bertemakan OnePrix, lengkap dengan sirkuit-sirkuit yang digunakan dalam balapan aslinya.

“Kami ingin memaksimalkan semua potensi digital yang bisa mendatangkan manfaat tidak hanya bagi OMM, tetapi juga brand OnePrix itu sendiri,” papar Arlan.

“Di masa mendatang lini digital ini diharapkan menjadi sumber utama revenue kami selain pemasukan dari tiket penonton,” ucapnya.

Sementara Director of Competition OMM, Syafril “Mago” Sarwono, menambahkan, keputusan untuk menggelar balap di luar Jawa untuk pertama kalinya adalah bukti keseriusan OMM dalam meningkatkan geliat balap motor tanah air. “Tahun ini akan menjadi terobosan baru bagi OMM,” jelas Mago. 

Sejak bergulir pada 2019 dan terhenti di 2020, kami mencoba membuka lembaran baru dengan menyelenggarakan OnePrix di luar Jawa.

“Putaran 2 rencananya akan dilaksanakan di Palangkaraya dan jika tidak ada aralmelintang, Putaran 4 akan kami gelar di Muba. Jadi apabila di kedua lokasi itu bisaterlaksana dengan sukses, maka kejuaraan ini akan menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi,” tukasnya.

Putaran pembuka musim 2023 sendiri akan digelar di Sirkuit Karting Sentul,

Kabupaten Bogor pada 18-19 Maret 2023. Kemudian Palangkaraya akan menggelar

Putaran II dengan menggunakan Sirkuit Sabaru pada 3 dan 4 Juni 2023. Selanjutnya, Putaran III Oneprix 2023 akan kembali ke Jawa dan digelar di Sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya pada 8 dan 9 Juli 2023.

Muba direncanakan mengisi slot Putaran IV OnePrix 2023 dengan Sirkuit City Skyland Sekayu untuk balapan pada 16 dan 17 September 2023. Sebelum akhirnya musim 2023 ditutup dengan Putaran V di Sirkuit Mijen, Semarang, pada 11 dan 12 November 2023. (rur)

Editor : Ruri Ariatullah