25 radar bogor

Relawan di Bogor Rutin Steril Ratusan Kucing Liar di Kota Bogor

Para relawan Steril Malabar rutin menyusuri titik-titik Kota Bogor untuk memberikaan steril gratis kepada kucing liar. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Relawan Steril Malabar bekerja sama dengan Yayasan Let’s Adopt Indonesia menggelar gerakan Trap Neuter Return (TNR) atau steril gratis untuk kucing liar di Kota Bogor.


Founder Steril Malabar, Tety Risnawati menjelaskan, gerakan tersebut dilakukan pihaknya untuk menekan populasi hewan kucing yang sudah berlebihan.

Ia menerangkan, kelebihan populasi berdampak buruk bagi kucing. Karena dapat menimbulkan banyak kasus penyiksaan dan penelantaran.

Tety menerangkan, gerakan merekasudah dimulai sejak pertengahan bulan Januari 2023. Hingga Jumat (17/2), pihaknya sudah mensteril sebanyak 312 ekor kucing.

“Jumlah itu kami lakukan bertahap. Dalam sekali bergerak kami bisa menangkap rata-rata 50 ekor kucing. Setelah ditangkap, kucing itu kami steril dan kembalikan lagi ke tempat asalnya,” terang Tety saat ditemui Radar Bogor, Jumat (17/2).

Tempat-tempat yang jadi sasarannya antara lain Kebun Raya Bogor, Alun-alun Kota Bogor, RS Ummi, Taman Heulang, Stasiun Bogor, Pasar Bogor, Taman Malabar, RS PMI, Lapangan Sempur, dan Taman Kencana.

Kucing yang disasar adalah kucing jantan berumur 7 bulan dan kucing betina berusia 5 bulan atau memiliki berat 1,6-2 kilogram.

Dalam melancarkan aksinya, Tety dibantu 15 relawan lain sesama pencinta kucing. Berbekal puluhan keranjang dan jaring mereka menangkap kucing-kucing liar tersebut. Sementara untuk biaya steril, Tety dibantu Yayasan Let’s Adopt Indonesia.

“Selain menekan populasi, kami juga ingin masyarakat lebih peduli pada kucing. Kami juga mengajak masyarakat untuk bergerak mensteril kucing minimal yang ada di sekitar lingkungannya,” ucap Tety.

Head of Operations Let’s Adopt Indonesia, Carolina Fajar mengatakan program TNR-nya bersama Steril Malabar menjadi yang pertama di Kota Bogor.

Avatar

Baca Juga:

Sering Dihina Majikan, Mantan Karyawan Balas Bobol Toko Roti


“Kami pernah menggelar TNR di Bekasi, Malang, Depok, Tangerang, dan Kabupaten Bogor,” tuturnya.

Selain steril Yayasan Let’s Adopt Indonesia juga menjalankan program lain yang bertujuan mensejahteeakan hewan seperti pengobatan hewan liar secara gratis, pemberian kursi roda untuk hewan disabilitas, dan edukasi pada siswa di sekolah.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto