25 radar bogor

Sulit Anggarkan APBD, Perbaikan Jembatan Rusak Jasinga Cuma Andalkan CSR

Petugas DPKP Kabupaten Bogor memeriksa jembatan rusak di Kecamatan Jasinga, Kamis (16/2). (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

JASINGA-RADAR BOGOR, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor bakal segera memperbaiki jembatan gantung di Desa Kalong Sawah, Jasinga. Jembatan penghubung dua Kampung Garisul dan Kalong Dagul itu akan memanfaatkan dana CSR.

“Hari ini sedang dicek oleh petugas DPKPP. Bahkan, sudah menjadi atensi kami agar segera diperbaiki,” tutur Kepala Bidang PSU DPKPP, Nunung Toyiban ketika ditemui Radar Bogor, Kamis (16/2).


Ia juga mengakui, tak ada anggaran dari APBD untuk memperbaiki jembatan tersebut. Menurutnya, anggaran hanya bisa menunggu dari APBD perubahan pada Oktober mendatang. Sementara, perbaikan sudah mendesak.

“Kemungkinan, kami bisa memanfaatkan dari CSR (Corporate Social Responsibility) untuk proses perbaikan jembatan tersebut. Secepatnya harus diperbaiki, makanya petugas langsung turun melihat langsung kondisi dan kebutuhan buat perbaikan jembatannya,” terangnya.

Jembatan gantung yang berada di sungai Cidurian itu menjadi akses warga dan siswa untuk ke pasar dan sekolah, setiap harinya. Jika memutar arah, jaraknya cukup jauh dan perlu mengendarai angkutan umum.

Kondisi saat ini menunjukkan jembatan yang mulai miring karena kunci sling atau pengaitnya sudah rusak. Warga tidak diperbolehkan melintas karena sangat berbahaya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto