25 radar bogor

Polisi Pastikan Pilot Susi Air dalam Keadaan Sehat, Ini Penjelasannya

Polisi Pastikan Pilot Susi Air dalam Keadaan Sehat, Ini Penjelasannya

PAPUA – RADAR BOGOR, Kelompok Separatis Teroris (KST) menyebar foto dan video pilot Susi Air bernama Philip Mark Mehrtens. Pilot asal Selandia Baru itu tampak dikelilingi oleh para anggota kelompok tersebut.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh mengaku telah melihat foto dan video itu. Dia membenarkan bahwa yang bersama anggota KST dalam foto dan video tersebut adalah Mehrtens.

Sejak peristiwa pembakaran pesawat Susi Air PK-BVY di lapangan terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, pada Selasa (7/2), KST membawa Philip. Mereka tidak menerangkan posisi persis Philip saat ini. “Pada rekaman video yang beredar itu, KST telah mengakui melakukan aksi teror dengan membakar pesawat Susi Air dan menyandera pilot Susi Air,” ungkap Saleh dalam keterangan tertulis yang diterima Jawa Pos kemarin (15/2).

Saleh menegaskan, pihaknya terus berusaha mencari Philip. Sesuai rencana, mereka melibatkan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan pemerintah daerah setempat. “Langkah-langkah teknis dan taktis pencarian telah dilakukan,” ujarnya.

Sejauh ini, sudah ada ratusan warga asli Distrik Paro yang mengungsi ke Distrik Kenyam. Saleh menyebutkan, mereka meninggalkan kampung halaman untuk sementara lantaran khawatir akan aksi KST.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny menjelaskan, tim evakuasi masih berupaya maksimal untuk menyelamatkan pilot Susi Air tersebut. Dia memastikan, dari informasi yang dikumpulkan, hingga kini pilot itu dalam keadaan sehat. (JPG)

Editor : Yosep / Dikara PKL