25 radar bogor

Perbaiki U-Turn Tol Jagorawi, PUPR Kota Bogor Turun Tangan 

U-Turn Tol Jagorawi
U-Turn Tol Jagorawi yang rusak mulai diperbaiki oleh Dinas PUPR Kota Bogor. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Akses putar arah atau U-turn Tol Jagorawi menuju Jalan Pajajaran yang rusak parah, akhirnya dapat perhatian. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor mulai memperbaiki ruas jalan tersebut pada Kamis (16/2/2023).

Pantauan Radar Bogor, sejumlah pekerja mulai menggali aspal di area U-turn Tol Jagorawi tersebut. Sebagian ruas jalan pun ditutup akibat adanya pengerjaan proyek.

Sekretaris Dinas PUPR, Rena Da Frina menjelaskan, perbaikan tersebut bukan dengan pengaspalan melainkan betonisasi. Ia menerangkan, betonisasi akan berlangsung secara dua tahap.

Avatar

Baca Juga:

Puluhan Peternak Sapi di Kota Bogor Dapat Ganti Rugi Dampak PMK

“Tahap pertama dimulai pada Senin (20/2/2023) hingga Jumat (24/2/2023). Selanjutnya tahap kedua akan berlangsung pada Senin (27/2/2023) sampai Jumat (3/3/2023) mendatang,” tuturnya.

Ia menyebut, proses betonisasi di U-turn Tol Jagorawi, akan dilakukan pada malam hari yakni pukul 23.00 WIB. Rena memastikan, selama pengerjaan perbaikan tersebut tidak ada penutupan jalur maupun rekayasa lalu lintas.

Sebelum diperbaiki akses jalan ini terlihat memprihatinkan. Sejumlah lubang besar mengaga di bagian kanan jalan. Genangan air juga tampak menutupi lubang-lubang tersebut.

Kerusakan ini bahkan terjadi hampir memakan separuh badan jalan. Sementara sebagian badan jalan yang lain kondisinya bergelombang.

Situasi ini membuat para pengendara mesti ekstra berhati-hati jika melalui jalur tersebut. Kecepatan kendaraan yang berkurang kerap menimbulkan antrean kendaraan di jam-jam sibuk.

Sejak dilantik beberapa pekan lalu sejumlah perbaikan gencar dilakukan Dinas PUPR. Untuk mendukung hal itu Rena menyebut Bidang Pemeliharaan memiliki 12 tim yang akan berkeliling setiap hari untuk memelihara saluran air, jembatan, dan jalan.

Rena mengakui, banyak keluhan warga yang meminta pihaknya memperbaiki ruas U-turn Tol Jagorawi yang masuk pada tanggung jawab pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Mengangani masalah itu, Rena akan memetakan pengaduan dan menyambungkannya ke pihak terkait. Namun jika belum ada tanggapan maka pihaknya akan terjun langsung memperbaiki kerusakan tersebut atas izin dan persetujuan pihak terkait. Salah satu yang jadi sorotannya yakni akses U-turn Tol Jagorawi menuju Jalan Pajajaran. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep